Mendirikan startup merupakan proses yang panjang dan melelahkan, akan menjadi lebih baik jika Anda memiliki pendukung yang mampu memberikan dorongan hingga semangat atas semua ide, inovasi serta rencana yang Anda miliki sebagai pendiri. Di sisi lain pendukung seperti keluarga, teman hingga pegawai bukan hanya berguna untuk pemberi semangat, namun juga masalah finansial jika dibutuhkan.

Artikel berikut ini akan membahas 3 hal yang bisa diterapkan untuk memanfaatkan dukungan dari keluarga, teman hingga pegawai untuk menjalankan startup.

Sampaikan tujuan dan cita-cita secara jelas

Jika saat ini Anda telah memiliki pendukung yang selalu siap membantu dan menantikan produk atau layanan yang bakal diluncurkan, pastikan untuk selalu menyampaikan visi dan misi serta tujuan akhir dari usaha Anda. Apa pun strategi serta fitur yang akan Anda hadirkan, pastikan untuk menjelaskan dengan benar kepada pendukung Anda, mulai dari rencana awal, eksekusi yang akan diterapkan, hingga potensi mendapatkan revenue jika nantinya layanan atau produk dirilis.

Jelaskan kegiatan uji coba atau rencana untuk pivoting

Jika saat ini Anda merasa layanan atau produk yang dimiliki terlihat lambat dalam pertumbuhan dan Anda berniat untuk melakukan uji coba hingga akhirnya melakukan pivoting, jelaskan maksud dan rencana Anda kepada pendukung Anda. Dalam hal ini adalah keluarga, rekan dan pegawai. Dengan demikian Anda bisa dengan baik melancarkan kegiatan uji coba dan coba memperkenalkan layanan serta produk terbaru tersebut kepada kalangan terdekat dulu hingga akhirnya siap diluncurkan kepada pelanggan.

Melakukan koordinasi

Saat ini ada dua kriteria dari pendiri startup, yaitu mereka yang memiliki ide serta inovasi terkini, namun gagal untuk mengelola keuangan, sementara ada pula pendiri startup yang pandai mengelola keuangan oprasional namun tidak mampu untuk menghasilkan ide serta inovasi terbaru untuk startup.

Idealnya adalah pendiri startup yang baik memiliki beberapa elemen dari kemampuan untuk menciptakan inovasi dan kecerdasan untuk mengelola keuangan, dengan demikian startup bisa berjalan ke arah yang jelas dan berpeluang untuk tumbuh dengan baik.

Salah satu cara yang bisa dilakukan jika Anda sebagai pendiri tidak memiliki kemampuan tersebut adalah, dengan memanfaatkan pendukung Anda, dalam hal ini keluarga, teman hingga pegawai yang memiliki kemampuan yang Anda tidak miliki. Isi celah tersebut dengan dukungan dari mereka, agar Anda bisa menjalankan bisnis yang sukses.