Tujuan utama dalam menjalankan bisnis adalah mendapatkan keuntungan. Jalan itu biasanya diraih dengan mencoba mendapatkan banyak pengguna. Logika sederhananya semakin banyak pengguna semakin banyak pendapatan yang didapatkan. Nyatanya ada alternatif lain, yakni mengoptimalkan jumlah pengguna yang ada dengan membuat mereka menjadi sumber penghasilan bagi bisnis. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan pendapatan dari basis pengguna yang terbatas.

Lakukan (lagi) perhitungan untuk harga

Untuk bisa mengoptimalkan pendapatan dari basis pengguna yang terbatas mengolah harga yang pas adalah satu hal yang bisa dilakukan. Coba untuk menghitung lagi harga yang cocok untuk ditawarkan pada mereka. Pastikan harganya tidak terlalu murah dan terlalu mahal bagi mereka. Perhitungan harga yang optimal bisa menjadi jalan untuk mendapatkan pendapatan lebih dari pengguna yang ada. Tetapi perlu diingat, menaikan harga harus dilengkapi dengan kualitas yang setara.

Berikan gimmick penawaran

Untuk bisa mengoptimalkan pendapatan dari basis pengguna yang ada diharuskan untuk lebih fokus pada apa yang mereka butuhkan. Cari cara untuk membuat mereka membayar lebih untuk barang atau jasa yang ditawarkan. Salah satu caranya dengan membuat gimmick menarik seperti penawaran spesial, fitur atau barang terbatas dan lainnya. Ini bisa menjadi jalan pendapatan lain bagi bisnis.

Ikat mereka dengan konten yang menarik

Bukan menjadi rahasia lagi bahwa konten sekarang ini berperan penting dalam kesuksesan bisnis mendapatkan dan mempertahankan pengguna. Konten-konten yang informatif dan menarik bisa menjadi media untuk berpromosi. Dan dalam kasus mengoptimalkan basis pengguna yang ada konten bisa menjadi salah satu cara efektif untuk meyakinkan mereka supaya “membayar lebih” untuk produk atau layanan yang mereka gunakan.

Ingatkan mereka

Membangun kedekatan dengan pengguna bisa dijalin melalui email. Email ini juga bisa menjadi cara untuk membuat mereka membayar lebih untuk bisnis. Kaitannya dengan penawaran-penawaran lain yang ditawarkan. Ingatkan mereka tentang hal tersebut melalui email. Usahakan jangan terlalu sering untuk menghindari spam, mungkin bisa dikombinasikan dengan konten yang menarik agar mereka tertarik. Setidaknya untuk membaca.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.