Saat ini masih belum banyak entrepreneur perempuan meramaikan dunia startup, salah satu alasannya adalah, masih minimnya minat untuk terjun ke dunia teknologi hingga kurangnya ide serta inisiatif dari perempuan untuk mengembangkan bisnis. Menurut Vin Clancy, Founder dari Magnific, Planet Ivy dan Screen Robot, masih banyak potensi bisnis yang bisa digali untuk para pelaku startup perempuan saat ini. Artikel berikut ini akan mengupas beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan ide dan inovasi baru untuk bisnis startup.

Buat produk yang disukai orang banyak, bukan disukai Anda (pemilik startup)

Ketika ide dan inovasi telah dimiliki masih banyak pemilik startup yang merasa yakin dan cenderung memaksakan ide yang ada, tanpa melihat efek dan pengaruh yang kurang mendukung dari ide tersebut. Idealisme dari pemilik startup untuk memaksakan ide yang dimiliki bisa merugikan startup ketika pada akhirnya startup tidak bisa berjalan dengan baik. Untuk itu cari tahu apa yang dibutuhkan oleh orang banyak, bukan apa yang ingin Anda wujudkan sebagai pemilik startup

My biggest piece of advice to people starting a business: See the world as it is, not as you’d like it to be.

Pendekatan lebih dengan pelanggan

Saat ini masih banyak startup yang menghiraukan kebutuhan dan keinginan dari pelanggan, dan hanya fokus kepada teknologi, inovasi terkini dari startup. Agar bisnis bisa tumbuh dengan baik, perhatikan dengan baik feedback dari pelanggan ketika fitur baru telah diluncurkan. Ciptakan brand awareness, social media positioning dan kegiatan pemasaran. Lebih baik lagi jika startup melakukan kerja sama dengan influencer, komunitas untuk memperluas kegiatan promosi.

Status Founder perempuan

Terkadang menjadi pendiri startup untuk perempuan bisa menjadi keuntungan tersendiri. Selain menjadi ‘one of a kind‘ status Anda menjadi seorang Founder perempuan juga bisa menjadi keunikan yang membedakan Anda dengan pendiri startup lainnya yang kebanyakan adalah pria. Untuk itu manfaatkan keuntungan lebih tersebut sebaik mungkin, dan posisikan perhatian tersebut untuk kegiatan promosi sekaligus pembuktian diri bahwa startup yang Anda dirikan memiliki produk yang dibutuhkan dan berfungsi dengan baik.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.