Menjalin relasi dalam dunia bisnis adalah salah satu kunci menuju kesuksesan, tetapi itu sering kali menjadi hal yang tabu bagi kaum introvert. Kaum introvert biasanya selalu merasa lelah bila menghabiskan waktu di ruangan yang penuh dengan orang asing, yaitu dalam acara networking. Pun begitu, menurut Pauline Ploquin, ada beberapa kiat yang dapat dilakukan oleh introvert agar bisa sukses dalam menjalin relasi bisnis.

Pauline Ploquin adalah seorang introvert. Namun, ia memiliki rekam jejak karier yang sukses dalam perjalanan hidupnya. Malah hampir semua karier yang pernah dilakukannya berhubungan erat dengan menciptakan ikatan strategis untuk bisnis. Kini Pauline sendiri sedang menikmati waktunya sebagai Chief Relationship Officer di Struck dan juga anggota jajaran direksi SoDA Speaks.

Lalu bagaimana Pauline melakukan itu semua, menciptakan hubungan strategis dalam bisnis meski dirinya seorang introvert? Setidaknya, ada 12 kiat khusus yang dilakukan oleh Pauline ketika dirinya akan mencoba menciptakan hubungan bisnis.

Sebelum pergi ke acara networking

Menjalin relasi bisnis untuk Introvert / Shutterstock

1. Santai. Ketika harus pergi ke acara networking bisnis, sebagai introvert, Anda harus sadar bahwa akan butuh waktu dalam menjalin hubungan. Jadi, ambil waktu Anda untuk santai dan tentukan tujuan seperti halnya yang dilakukan Pauline, yaitu untuk mengenal orang.

2. Rencana. Jangan berharap untuk untuk ‘menjual’ ketika pergi ke acara networking, tetapi Anda tetap harus punya target yang terukur untuk mengevaluasi tercapainya tujuan di acara. Ingat, waktu dan uang itu terbatas. Pauline sendiri sadar ketika dirinya punya rencana dan tujuan yang jelas tentang siapa yang ingin ditemui, maka dia bisa menjadi lebih efektif.

3. Pelajari atau kenali orang-orang yang akan datang sebelum tiba di acara. Miliki seorang target yang bisa membantu Anda di acara atau minta daftar hadir untuk melakukan riset sebelum ke acara. Mengetahui siapa saja yang akan ditemui dapat memberikan rasa keakraban pada invtrovert dan percayalah, itu akan sangat membantu ketika akhirnya Anda bertemu dengan mereka.

Ketika berada di acara networking

Menjalin relasi bisnis untuk Introvert / Shutterstock

4. Siapkan topik “ice breaker”. Punya topik yang dapat membuka percakapan penting bagi introvert, jadi siapkan satu atau dua potongan percakapan yang bisa bekerja bagi Anda. Pauline sering bertanya apakah mereka menikmati acara dan belajar hal menarik dari di sana?

5. Penasaran. Jangan langsung masuk topik bisnis ketika bertemu dengan orang-orang baru di acara, coba mulai untuk mengenal sebagai orang pertama. Pauline selalu memulai dari rasa ingin tahun murni untuk menciptakan suasana yang menyenangkan bagi semua orang yang terlibat.

6. Jangan jadi terlalu pribadi. Mulai dari rasa ingin tahu sebagai orang pertama bukan berarti langsung ke topik pribadi seperti punya anak-anak atau hewan peliharaan. Pauline merekomendasikan untuk beralih ke percakapan bisnis sekitar 3-5 menit setelah memulai percakapan.

7. Masuki topik bisnis mereka. Salah satu pertanyaan favorit Pauline adalah mengenai masalah bisnis apa yang membuat lawan bicaranya terjaga di malam hari. Pertanyan tersebut sedikit banyak bisa memberikan wawasan tentang bagaimana Anda bisa membantu, langsung atau tidak langsung.

8. Minta dan beri kartu nama. Meski ini cara lama, tapi dapat menjamin Anda bisa tetap terhubung dengan koneksi baru Anda. Begitu juga sebaliknya.

9. Pergi di waktu yang tepat. Introvert biasanya memiliki “batas” ketika datang ke acara networking dan hanya dia yang tau sensasi ketika dirinya lelah atau “mencapai batas” tersebut. Jadi, disarankan oleh Pauline untuk bersikap baik pada diri sendiri dan pergi di saat sensasi itu fisik itu datang.

Setelah acara networking

Menjalin relasi bisnis untuk Introvert / Shutterstock

10. Isi ulang sumber daya. Sebagi introvert, Pauline tahu batas dirinya sendiri dan sadar bahwa dia akan perlu waktu untuk sendirian. Jadi, pastikan Anda juga meluangkan waktu untuk sendirian lagi sebanyak yang Anda bisa setelah acara networking. Ini bertujuan untuk mengisi ulang “sumber daya” Anda.

11. Tindak lanjuti.Follow-up atau tindak lanjuti apa yang sudah terjalin di acara. Tapi, buat tindak lanjut tersebut singkat, pribadi, dan langsung ke poin yang ingin dibicarakan. Menurut Paulne, cara terbaik adalah jika Anda menawarkan beberapa sumber daya yang bisa bantu atau terhubung dengan masalah bisnis mereka.

12. Tetap terhubung. Jangan berlebihan dalam follow-up melalui email. Cobalah terhubung melalui saluran lain seperti LinkedIn dan Twitter. Hubungi seperlunya saja, terutama bila melihat sesuatu yang relevan dengan topik yang Anda punya. Bila memungkinkan, menurut Pauline, makan siang dan minum kopi bersama adalah pilihan yang baik. Tapi sadari juga bahwa butuh komitmen untuk menemukan waktu yang tepat di kalender.

Tak mudah memang ketika Anda menjadi seorang introvert dan harus menjalin hubungan strategis untuk bisnis. Namun dengan campuran rasa ingin tahu, mau mendengarkan dan menyimak, menjadi diri sendiri, serta beberapa persiapan, terbukti hal itu bisa dilakukan.