2 November 2016

by Glenn Kaonang

Kickstarter Ingin Mempererat Hubungan Kreator dan Backer Melalui Live Streaming

Kreator dapat mendemonstrasikan prototipe produk atau sekadar merayakan detik-detik terakhir kampanyenya yang sukses

Periscope dan Facebook Live sudah membuktikan kalau live streaming mampu mewadahi relasi yang unik antara selebriti atau influencer dengan para penonton, dimana partisipasi real-time dari penonton bisa mempengaruhi jalannya konten yang disajikan. Lalu bagaimana jika konsep serupa diterapkan ke komunitas developer dan kreator?

Hal ini rupanya sudah dipikirkan oleh Kickstarter selama beberapa bulan. Platform crowdfunding tersebut baru saja mengumumkan Kickstarter Live, sebuah wadah dimana para backer bisa berinteraksi dengan developer dan kreator proyek yang mereka dukung secara real-time.

Dalam Kickstarter Live, mereka akan ditempatkan di satu 'ruang' yang sama. Penonton dapat melontarkan pertanyaan, mengirim selfie, atau bahkan menjadi backer selagi live streaming sedang berlangsung. Bagi para developer dan kreator, ini merupakan cara baru untuk menarik lebih banyak dukungan buat proyeknya masing-masing.

Penonton bisa langsung menjadi backer selagi menonton live video / Kickstarter

Mereka dapat mendemonstrasikan prototipe produknya secara langsung, memainkan versi awal game yang mereka kembangkan, menyiarkan sesi rekaman album musik yang sedang mereka garap, atau sekadar menghitung detik-detik terakhir sebelum kampanye crowdfunding mereka berakhir.

Tujuan akhir Kickstarter Live adalah membangun komunitas yang lebih kuat dengan mempererat hubungan kreator dan masing-masing backer-nya. Di saat yang sama, ini juga bisa mendukung transparansi dari proses kreatif sebuah proyek di Kickstarter.

Kickstarter Live saat ini sudah bisa diakses lewat live.kickstarter.com. Halaman depannya menyorot sejumlah live video yang bakal disiarkan, dan Anda bisa mencantumkan alamat email untuk menerima notifikasi ketika streaming sudah dimulai.

Sumber: Kickstarter Blog.