1. Startup

Kik Kembali Hadir di Platform BlackBerry

Setelah sempat absen hampir satu tahun dari platform BlackBerry akibat permasalahan dan penghentian dukungan dengan Research in Motion, akhirnya salah satu penyedia solusi messaging Kik kembali hadir untuk platform BlackBerry. Kembalinya Kik ke BlackBerry melengkapi ketersediaan jajaran aplikasinya yang sebelumnya sudah hadir di platform iOS, Android, dan Windows Phone. Kik dapat diunduh secara langsung melalui tautan http://www.kik.com/jme dari browser BlackBerry Anda dan nampaknya tidak akan hadir di BlackBerry App World dalam waktu dekat.

Kik digawangi oleh Ted Livingston yang dulu sempat menjadi engineer RIM. Meskipun sudah diumumkan melalui newsletter, nampaknya Kik masih malu-malu memberikan informasi ini secara publik. Tidak tampak informasi ketersediaan di BlackBerry saat kita tengok laman depan situsnya maupun berita-berita di blognya. Di situs mobile web-nya pun informasi yang ditampilkan sangat minimal. Tidak disebutkan versi sistem operasi minimal yang didukung oleh Kik atau apakah sudah mendukung sistem operasi terbaru OS 7.

Kik sendiri menambah persaingan messaging multiplatform yang nampaknya saat ini mulai dikuasai oleh WhatsApp. Tampilannya di BlackBerry menurut saya jauh lebih bagus ketimbang WhatsApp yang meskipun memiliki UI menarik untuk versi iOS dan Android tapi tidak memberikan hal yang serupa untuk versi BlackBerry-nya. Secara sumberdaya, WhatsApp mengambil memori yang jauh lebih banyak ketimbang Kik, lebih dari dua kali lipat. Ini bisa jadi pertimbangan untuk Anda yang menggunakan BlackBerry dengan sisa memori yang cekak.

Bagaimana dengan reliabilitas? Sementara ini masih lumayan baik dan semua pesan yang saya coba kirimkan dari BlackBerry ke ponsel lain terkirim semua dengan sempurna. Meskipun demikian secara fitur memang Kik jauh tertinggal dibanding WhatsApp. Tidak ada fitur group chat ataupun kemampuan pengiriman berkas. Jadi murni Kik hanya bisa digunakan untuk kegiatan chat berdua. Apakah masih ada dari Anda yang menggunakan Kik untuk mengirim pesan dengan teman-teman?

Update: Ada issue Kik versi ini menggunakan APN Operator, bukan BlackBerry Internet Service, jadi perhatikan pemakaian Anda

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again