22 May 2013

by Iqbal Farabi

Kinect Generasi Terbaru, Apa Saja Kelebihannya?

Sebagaimana yang kami janjikan pada ulasan mengenai Xbox One, kami akan membahas lebih dalam mengenai generasi terbaru perangkat Kinect di artikel yang terpisah. Jadi, apa saja kelebihan perangkat Kinect terbaru ini? Simak ulasan berikut.

Jika perangkat Kinect di benak Anda identik dengan sensor gerakan, Anda akan terkejut bahwa fitur terbaru Kinect justru adalah pengenalan suara. Dengan Kinect terbaru ini, pengguna bisa menghidupkan perangkat Xbox One miliknya dengan mengucapkan perintah "Xbox On". Demikian juga, beberapa perintah lain juga bisa dilakukan, misalnya "go to TV" atau "go to Internet Explorer". Sensor suara Kinect juga dikatakan bisa memproses file-file audio untuk melakukan personalisasi untuk tiap-tiap individu penggunanya.

Sementara untuk sensor gambar, Kinect kini dilengkapi dengan kamera dengan resolusi 1080p HD yang mampu menangkap video dengan format warna RGB pada kecepatan 30 fps. Fitur lain yang baru dari Kinect adalah "Time of Flight". Dengan fitur ini, Kinect bisa mengeluarkan cahaya dan kemudian melakukan kalkulasi waktu yang dibutuhkan untuk cahaya tersebut terpantul kembali ke perangkat Kinect. Dengan teknologi ini juga, Kinect generasi baru ini bisa beroperasi di ruangan yang gelap sekalipun.

Sensor visual Kinect juga semakin detil dalam menangkap gestur. Microsoft mengatakan bahwa Kinect kini bisa mendeteksi sedikit pergerakan dari bahu atau pergelangan tangan pengguna. Microsoft bahkan mengklaim Kinect bisa membaca denyut jantung pengguna ketika sedang berolahraga.

Seperti halnya dengan Xbox One, sayangnya Anda masih harus menunggu untuk bisa mencoba menggunakan Kinect generasi terbaru ini karena belum ada informasi resmi dari Microsoft mengenai tanggal ketersediaan perangkat ini untuk publik.

 

Sumber: The Verge.