1. Startup

Targetkan Pelaku UKM, Layanan E-commerce KinerjaMall Milik KinerjaPay Diluncurkan

Telah memiliki 150 ribu SKU dan 10 ribu lebih merchant, menjanjikan keuntungan lebih untuk merchant

Sesuai dengan rencana bisnis yang ada, KinerjaPay Corp awal Desember ini meluncurkan layanan e-commerce KinerjaMall yang menyasar pelaku UMKM di Indonesia. Layanan e-commerce yang diklaim memiliki produk ‘niche’ ini bernaung dibawah payung KinerjaPay Corp bersamaan dengan layanan yang rencananya akan dirilis awal tahun 2017, yaitu KinerjaGames.

“Sesuai dengan misi dari KinerjaPay yang memiliki tiga pilar yaitu pay, buy dan play, kami dari KinerjaPay ingin menghadirkan pilihan baru kepada pelaku UKM, online shop hingga e-commerce ternama di Indonesia,” kata CEO PT Kinerja Pay Indonesia Deny Rahardjo kepada DailySocial.

KinerjaPay mengalokasikan dana sekitar ratusan juta rupiah yang dimanfaatkan untuk membangun platform terpisah dari KinerjaMall. Hal ini dilakukan karena dari sisi produk dan pelanggan dan infrastruktur sudah berbagi dengan KinerjaPay. Nantinya KinerjaMall bakal memiliki tim sendiri terpisah dari KinerjaPay.

Produk dan merchant berkualitas

Selama ini KinerjaMall telah memiliki merchant dan pengguna yang cukup banyak jumlahnya yang selama ini telah didapatkan melalui KinerjaPay. Sejak diluncurkannya KinerjaMall saat ini telah memiliki 150 ribu SKU dan 10 ribu lebih merchant yang bergabung dengan KinerjaMall.

“Karena produk yang kami tawarkan terbilang ‘niche’ kami melakukan proses filtering yang cukup ketat untuk semua merchant yang ingin bergabung, dengan demikian memberikan keuntungan lebih bukan hanya kepada pembeli namun juga merchant yang bergabung di KinerjaMall,” kata Deny.

Saat ini Deny melihat di berbagai marketplace yang ada di Indonesia masih banyak merchant yang menjual lebih dari satu produk kepada pembeli. Hal tersebut dinilai tim KinerjaMall menyulitkan para pelaku UKM yang ingin mencoba menjual produk yang sama, karena harus bersaing dengan penjual yang lebih besar dan berpengalaman.

“Di KinerjaMall kami pastikan masing-masing merchant hanya boleh menjual satu produk, dengan demikian tidak harus bersaing dengan penjual lainnya. Kami juga bakal memberikan incentive atau hadiah berupa paket liburan kepada merchant terbaik di KinerjaMal,” kata Deny.

Untuk memastikan masing-masing merchant mampu menyediakan permintaan yang ada, tim KinerjaMall akan memonitor setiap merchant telah memiliki stok cukup untuk dijual kepada pembeli. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari adanya merchant yang hanya menjual produk saat khusus saja, selebihnya tidak mampu untuk menyanggupi permintaan dari pembeli.

“Kami membuka kesempatan untuk merchant yang ingin bergabung, tentunya untuk merchant yang menjual produk asli buatan Indonesia, kebutuhan sehari-hari yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia, produk berkualitas, drop shift, mereka harus ada kontinuitas,” kata Deny.

Saat ini KinerjaMall mengklaim masih memiliki waiting listmerchant yang berniat bergabung namun masih harus melalui proses kurasi dari tim KinerjaMall. Selain produk pilihan, KinerjMall juga menyediakan produk umum seperti gadget, busana hingga channel pembayaran kebutuhan sehari-hari, di antaranya adalah pembayaran listrik, pulsa dan lainnya.

Pembayaran dan kemitraan logistik dengan pihak ketiga

Untuk pembayaran saat ini KinerjaMall menawarkan pembayaran langsung melalui KinerjaPay, bank transfer hingga kartu kredit. KinerjaMall juga menyediakan channel pembayaran internasional untuk pembeli yang bermukim diluar negeri.

“Untuk ke depannya kami juga akan membuka kesempatan kepada layanan pembayaran lokal yang ingin masuk menjadi channel pembayaran di KinerjaMall,” kata Deny.

Untuk pengiriman KinerjaMall menjalin kemitraan dengan logistik pihak ketiga, yang menjanjikan kecepatan serta keamanan produk bisa dikirim hingga ke rumah pembeli. Meskipun saat ini kebanyakan pembeli masih didominasi oleh masyarakat yang tinggal di pulau Jawa, namun KinerjaMall juga mencatat telah menerima beberapa pembeli dari pulau Sumatera hingga Papua.

“Untuk memberikan layanan lebih KinerjaMall menerapkan ongkir gratis dan biaya pengembalian atau refund ditambah 5% untuk semua pembeli KinerjaMall jika ada kesalahan atau keterlambatan dari pihak kami,” kata Deny.

Saat ini KinerjaMall sudah bisa diakses di desktop, mobile site dan aplikasi di platform Android. Versi iOS-nya direncanakan bakal dirilis awal tahun 2017.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again