Categories

Internet

Kini Anda Bisa Menyaksikan Video YouTube Secara Offline

Yoga Wisesa - 12 December 2014

Sesuai laporan Ericsson, negara berkembang seperti Indonesia menunjukkan peningkatan tajam pada jumlah penggunaan perangkat mobile. Rata-rata, masyarakat kita menghabiskan enam sampai tujuh setengah jam menonton video melalui tablet atau smartphone. Padahal tak seperti di negara maju, koneksi internet handal bukanlah 'komoditas' yang mudah diperoleh.

Lebih dari setahun silam, tim YouTube pernah mengungkap wacana untuk melengkapi platform video populer mereka dengan kemampuan menjalankan video offline. Kabar baiknya, mode offline sudah tiba. Namun fitur hanya dikhususkan ke app mobile di platform Android dan iOS, bukan versi browser desktopnya. Dukungan offline tersebut memungkinkan pengguna menikmati video-video tanpa perlu tersambung ke internet secara konstan.

Artinya, video tetap bisa berjalan ketika Wi-Fi atau paket data tak aktif. Cara menggunakannya sangat mudah, dan jika app YouTube telah terinstal di smartphone, maka seharusnya otomatis fitur Offline sudah tersedia. Anda cuma perlu masuk ke sebuah video, lalu tap ikon panah di bawah window, berseberangan dengan tombol like dan dislike. Alternatifnya, ada tombol Offline di menu 'Add Video to'.

Setelah itu akan muncul menu 'Add videos to Offline' yang menyajikan pilihan kualitas resolusi. Di smartphone 5,5-inci, saya bisa memilih kualitas normal di 360p atau HD di 720p, tapi tak semua video dapat disaksikan offline. Perlu diketahui, Anda tetap harus terkoneksi ke internet saat browsing, dan pada dasarnya mode offline berarti mengunduh video itu ke device.

 

Info menarik: YouTube Music Key, Layanan Berbayar dari YouTube

 

Pada pengaturan default, konten akan disimpan di memori internal. Ia dapat diakses via menu setting dan Anda bisa menentukan apakah download dilakukan melalui Wi-Fi aja atau diperkenankan dengan mobile data. Di sana Anda juga disuguhkan beragam info soal Offline lebih lengkap. YouTube memberikan waktu selama 48 jam untuk menikmati video tanpa internet.

Yang tidak dituliskan dalam press realase-nya adalah syarat untuk mengaplikasikan mode offline pada video musik. Demi menyaksikannya tanpa koneksi, Anda perlu menjadi pelanggan YouTube Music Key. Video-video dengan emblem 'ad-free' bisa ditonton selama 30 hari sebelum Anda harus kembali terhubung ke internet.

Kita mesti berbangga dengan kehadiran YouTube Offline. Mengapa begitu? Ternyata Indonesia merupakan satu dari tiga negara 'eksklusif' yang terpilih untuk mendapatkan fitur unik tersebut. Negara lainnya ialah India dan Filipina.

Gambar header: YouTube.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter