Categories

Internet

Kini Anda Bisa Saling Berkirim Sticker di Facebook

Yoga Wisesa - 14 October 2014

Sticker merupakan jelmaan terkini dari fungsi emoticon sebagai representasi visual respon Anda. Sticker terlahir di Jepang ketika Naver mulai mengembangkan Line di sana, menyuguhkan karakter-karakter campuran kartun dan emoji khas Negeri Sakura. Dan kini sticker akhirnya juga menginvasi sosial media terbesar di Planet Bumi, Facebook.

Bob Baldwin selaku product engineer Groups, Events dan Photos Facebook mengumumkan bahwa sticker sudah tersedia di jejaring sosial yang memiliki user aktif lebih dari 1,2 miliar jiwa itu. Sticker hadir sebagai alternatif komentar, bagi Anda yang merasa malas menuliskan kalimat-kalimat panjang di kolom tersebut.

Layaknya dalam aplikasi chatting, penggunaan sticker sangatlah mudah. Di bagian komentar, di sebelah kanan tombol Attach a Foto, kini terdapat ikon baru berupa smiley. Klik ikon itu untuk memunculkan pilihan sticker. Di kanan atas terdapat ikon '+' untuk menambah koleksinya, dari mulai Snoopy, Adventure Time, Expendables 3 hingga Gumball. Sejauh ini mereka semua bisa diakses gratis - walau ada kemungkinan akan dimonetisasi di waktu ke depan.

Sticker baru dapat digunakan pada kolom komentar di post teman atau punya Anda sendiri. Saya belum bisa menggunakannya dalam post Groups, tapi Baldwin menjanjikan ia segera hadir dimana-mana, termasuk Events. Fitur sticker sudah mendarat baik di versi web maupun app mobile. Menariknya, ia belum ada di aplikasi Facebook pada tablet Fonepad 7.

 

Info menarik: Layanan Pengiriman Uang Lewat Aplikasi Facebook Messenger Siap Hadir?

 

"Menurut saya, sticker akan memberikan orang-orang kesempatan untuk saling berbalas komentar dengan cara asik yang tidak mampu diberikan kata-kata," tutur Baldwin. "Kini Anda bisa mudah memperlihatkan rasa gembira ketika membaca berita baik, menghibur teman yang sedang sedih, serta berekspresi lebih leluasa."

Sticker pada komen dimulai sebagai proyek hackathon di kota New York. Ia digagas oleh Bob Baldwin dan rekannya, Kwame Thomison. Mereka berdua membuat prototype untuk versi website dalam waktu semalam. Ide ini kemudian diungkap ke staf lain, dan ternyata mereka menyukainya. Dibantu tenaga lebih banyak, Facebook mengembangkan sticker di web mobile, lalu meneruskan versi app iOS dan Android.

Tak hanya terlihat menyenangkan, sticker juga memungkinkan user jejaring sosial untuk berpartisipasi dalam percakapan lebih mudah dari perangkat bergerak karena mereka bisa meringkas perasaan atau isi pikiran dalam sebuah gambar. Dan itu tentu saja menjadi satu petunjuk lagi bahwa Facebook mencoba semakin fokus pada lini mobile.

Di sisi lain, kemunculan sticker di kolom komen juga membuat bagian tersebut lebih panjang dan membutuhkan lebih banyak scrolling.

Via Gizmodo.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter