Categories

Berita

Kini Bayar Pajak Bumi dan Bangunan di Yogyakarta Bisa Melalui Layanan XL Tunai

Tindak lanjut program XmartCity untuk mengembangkan Yogyakarta menjadi Smart City

Adjie Priambada - 13 October 2015

PT XL Axiata Tbk (XL) kembali memperluas kerja sama program XL Xmart City dengan pemerintah kota Yogyakarta yang ditandatangani oleh Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti dan Vice President XL Central Region Bambang Parikesit pada Jumat (9/10) di Kantor Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta. Melalui kerja sama ini, layanan XL Tunai dapat dimanfaatkan untuk pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Beberapa waktu silam, XL Axiata telah meresmikan kerja sama dengan pemerintah kota Yogyakarta untuk mewujudkan smart city melalui program XL XmartCity. Dalam program tersebut, XL berjanji untuk dapat mengaplikasikan sejumlah layanan XL Axiata, termasuk layanan mobile wallet XL Tunai. Kini, realisasinya dapat dilihat melalui pemanfaatan layanan XL Tunai untuk membayar PBB.

XL Tunai sendiri merupakan layanan uang elektronik dari XL yang memungkinkan pelanggan XL melakukan transaksi keuangan melalui ponsel. Jenis transaksi yang dapat dilakukan adalah beli pulsa XL, bayar berbagai macam tagihan, belanja di toko offline yang bekerja sama, belanja online, serta mengirim uang dalam dan luar negeri.

Untuk melakukan pembayaran PBB melalui XL Tunai, pelanggan dapat melakukan transaksi melalui 123120# pada saat jatuh tempo pembayaran pajak. Setelah memasukan nomor ID pelanggan (NOP) pelanggan memilih periode pembayaran sekaligus jumlah pajak yang akan dibayar. Selanjutnya, pelanggan akan mendapatkan notifikasi SMS sebagai bukti pembayaran pajak dan bisa melakukan cetak nota sendiri dengan mengakses situs PBB Web Printing Online. Layanan ini sudah tersedia sejak 1 Oktober 2015.

VP Central Region XL Bambang Parikesit mengatakan, “Melalui program Xmart City dan Xmart Village […], XL ingin membantu pemerintah  dan masyarakat setempat untuk memaksimalkan potensi […] melalui teknologi digital, salah satu implementasinya adalah pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) melalui XL Tunai.”

“Melalui program ini, kami berharap XL Tunai dapat memberikan solusi untuk meningkatkan tingkat pembayaran pajak sekaligus memudahkan masyarakat khususnya masyarakat Kotamadya Yogyakarta untuk melakukan pembayaran,” tambah Bambang.

Saat ini, XL sendiri tengah fokus dengan strategi  transformasi yang disebut 3R (Revamp, Rise & Reinvent). Meski kini peringkat XL sebagai salah satu penyedia layanan telekomunikasi terkemuka di Indonesia menurun, XL yakin bahwa strategi 3R yang diusungnya dapat memberikan dampak baik untuk jangka panjang.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter