18 June 2015

by Yoga Wisesa

Kini Microsoft Xbox One Bisa Jalankan Game Xbox 360

Sebuah tradisi tak tertulis biasanya membuntuti ajang E3. Seusai presentasi publisher, gamer memperdebatkan siapa yang layak jadi pemenang. Lagi-lagi Sony dan Microsoft ialah kubu yang paling vokal. The Last Guardian dan Final Fantasy VII Remake memang merupakan primadona E3 2015, tapi fitur baru di Xbox One bisa dibilang membuat Microsoft unggul.

Sudah sering dibahas, salah satu kelemahan besar pada console game modern adalah ketiadaan fitur backward compatibility. Pendeknya, sistem tidak dapat mengoperasikan aplikasi-aplikasi yang dirilis di hardware terdulu. Streaming biasanya dipilih sebagai penyelesaian, namun metode baru Microsoft lebih praktis dan ekonomis. Untuk pertama kalinya, permainan-permainan Xbox 360 bisa dinikmati dari Xbox One.

Backward compatibility memungkinkan kita memainkan sejumlah game lawas di console anyar produsen asal Redmond itu, baik versi fisik maupun digital. Menurut Microsoft, upgrade fitur ini ialah bagian dari visi mereka untuk menyajikan katalog permainan lebih banyak tanpa halangan, membuat investasi bertahan lebih lama, serta memastikan koleksi tidak tersekat-sekat dalam perangkat berbeda.

Info menarik: Susul Xbox One, PlayStation 4 Kini Punya Media Player untuk Foto, Video dan Musik

Jadi bagaimana cara kerjanya? Ada dua metode tersedia. Pertama, Anda hanya perlu membuka My Games dan Apps, kemudian mengunduh judul tersebut ke Xbox One. Prosedur kedua lebih mudah lagi. Masukan dics, install game dan mulailah bermain begitu selesai. Sebelumnya diinformasikan bahwa Anda harus menaruh disc untuk memicu download, karena beberapa file mesti ada di hard drive.

Rencananya fitur tersebut dilepas ke semua pemilik Xbox One pada Musim Gugur 2015 secara gratis. Di periode awal, Microsoft telah menyiapkan 21 judul buat peserta program preview, dari mulai Banjo-Kazooie, Mass Effect, Super Meat Boy hingga Perfect Dark Zero. Tim menjanjikan akan ada lebih 100 game terhidang di masa liburan tahun ini, dan ratusan permainan lagi menyusul di bulan-bulan berikutnya.

Fungsi-fungsi semisal pengambilan screenshot, broadcast, streaming sampai GameDVR khas Xbox One kini dapat diaplikasikan ke permainan lawas. Anda juga dipersilakan bertanding melawan kawan-kawan di Xbox 360 via Xbox Live, meskipun mereka bukan anggota program preview. Cukup undang sang teman dalam party, dan Anda bisa segera bermain bersama. Tiap achievement dan Gamescore akan disimpan di profile Xbox Live Gamer.

Microsoft menuturkan bahwa tidak ada pekerjaan tambahan bagi developer. Tapi mengingat backward compatibility hadir berupa solusi software, maka ia tidak mendukung judul Kinect dan periferal khusus semisal gitar Rock Band.

Sumber: Xbox.com.