1 February 2015

by Oki Rosgani

Kirim Uang Lewat GMail, Semudah Mengirim Attachment

Google dalam perkembangannya kini tidak hanya dikenal dengan layanan mesin pencari saja, namun telah merambah ke berbagai layanan termasuk pembayaran dengan layanan Google Wallet.

Apa jadinya jika layanan GMail terintegrasi dengan layanan Google Wallet? Hasilnya adalah kemudahan untuk melakukan transfer uang semudah mengirimkan attachment email. Bagaimana caranya?

Pengguna Google di UK akan membuat iri pengguna layanan Google di negara lain, pasalnya Google merilis fasilitas untuk bisa mengirimkan uang melalui GMail ini bagi pengguna di negara tersebut.

Penggunaan dari layanan ini sangatlah mudah, dengan menggunakan fitur Google Wallet yang dimiliki pengguna, nantinya para pengguna dapat men-transfer uang melalui fitur yang telah terbenam dalam GMail, pengguna dapat mengirimkan uang dengan hanya meng-klik logo mata uang (£) di menu attachment dan selanjutnya tinggal mengetikkan jumlah nominal uang yang akan dikirimkan.

 

Info menarik: Mari Buat Robot Dari Sedotan Dengan Quirkbot

 

Untuk dapat melakukan ini, pengguna diharuskan memiliki akun pada layanan Google Wallet, sebagai salah satu layanan payment yang diberikan oleh Google. Saldo Google Wallet dapat diisi secara manual dengan mengambil dari kartu debit atau kartu kredit yang dimiliki oleh pengguna.

Pengirimkan uang dilakukan dengan langkah yang sangat sederhana semudah mengirimkan file attachment pada e-mail, bedanya jika pada attachment yang dikirimkan adalah file maka dengan layanan baru ini yang dikirimkan adalah nominal uang, menarik bukan?

Pihak Google menjamin bahwa layanan ini sangat aman digunakan, sehingga tidak akan ada proses pembayaran yang dapat dilakukan tanpa sepengetahuan pemilik akun tersebut.

Tapi tunggu dulu, bagi pengguna di tanah air sepertinya layanan ini belum dapat digunakan, karena pihak Google baru merilis layanan ini di kawasan Inggris minggu deopan dan hanya bisa digunakan oleh pengguna yang berusia diatas 18 tahun.

Sumber: TNW | Gambar Header: Google Commerce.