Kisah Perjalanan Desain untuk Android Wear

Perangkat smartwatch berbekal Android Wear LG G Watch dan Moto 360 kian dekat ke hari peluncuran, sebuah 'kisah' terbaru yang di-posting di blog Android Developers memamerkan prototype kedua perangkat tersebut saat terpasang di pergelangan tangan, lengkap dengan detail tampilan dasar dan kisah dibalik desain sistem operasi untuk wearable device tersebut.

Secara umum, dalam postingan tersebut diceritakan kisah awal mula lahirnya Android Wear dan tur yang ditujukan untuk para pengembang dilengkapi dengan penampakan nyata bagaimana aplikasi berjalan di smartwatch. Dijelaskan pula bagaimana cara Google merancang tampilan untuk perangkat Moto 360 yang berbentuk bulat.

 

Info Menarik: Berkunjung ke Booth MSI di Hari Pembukaan Computex Taipei 2014

 

Meskipun dibalut fisik yang berbeda, secara umum baik LG G Watch maupun Moto 360 dirancang dengan cara yang tidak jauh berbeda sebagaimana OS yang digunakan keduanya. Perbedaan keduanya terletak pada skala latar di mana LG G Watch memiliki ukuran 140x140 dp (280x280 px @ XHDPI) sementara Moto 360 berukuran 160 x 160 dp (320x320 px @ XHDPI). Namun Moto 360 memiliki kolom konten yang lebih kecil yakni 108 x 108 dp berbanding 116 x 116 dp.

Nah, seperti ini wujud prototype LG G Watch dan Moto 360 yang terpasang di lengan.

Di foto ini kita bisa lebih mudah membandingkan keduanya.

Dari foto di atas Moto 360 terlihat lebih besar kendati tak begitu mencolok, hal ini barangkali disebabkan oleh rancangan dasar perangkat yang berbentuk bulat.

 

Info Menarik: Asus Perkenalkan 3 Jagoan Tablet Baru Seri Fonepad dan MeMo Pad di Computex 2014

 

Sementara jika dibandingkan dari segi kemampuan, sejauh ini tak banyak yang bisa diulas, selain keduanya sama-sama menggunakan Android Wear yang berbekal kemampuan merespon suara pengguna untuk mendapatkan informasi jadwal penerbangan, skor pertandingan, petunjuk peta dan catatan.

Dikonfirmasi oleh Android Developers, informasi dari kedua smartwatch ini termasuk perkembangan terkait design dan wearable computing akan diulas dan diumumkan pada event I/O 2014 yang dijadwalkan digelar pada 25-26 Juni 2014. Apakah acara ini juga akan menjadi tanggal rilis dari LG G Watch dan Moto 360? Mari kita nantikan.

Untuk membaca lengkap penjelasan tentang desain dari Android Wear di Moto 360 dan G Watch, Anda bisa membaca lewat tautan ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again