Categories

Berita

Kitabisa Segera Masuk ke Bisnis Asuransi Digital Lewat "Kitajaga"

Layanan aplikasi Kitajaga akan diluncurkan sebelum akhir tahun 2021; bekerja sama dengan PasarPolis

Yenny Yusra - 19 October 2021

Setelah sebelumnya menutup layanan crowdinsurance Saling Jaga pertengahan bulan Juli 2021 lalu karena terkendala perizinan, kini Kitabisa melakukan pivot untuk unit insurtech-nya dengan meluncurkan kanal pembelian produk asuransi jiwa. Bernama "Kitajaga", platform tersebut memungkinkan masyarakat untuk mendapatkan berbagai produk asuransi jiwa lewati aplikasi Kitabisa.

Tidak berbeda dengan platform insurtech lainnya, semua proses dilakukan secara online, pengajuan klaim pun nantinya tanpa memerlukan dokumen fisik.

Masih dalam proses persiapan, CPO Kitabisa Vikra Ijas kepada DailySocial.id menyebutkan, saat ini layanan masih belum live. Seperti yang ditampilkan di web saat ini masih waiting list. Rencananya sebelum akhir tahun 2021 layanan tersebut akan diluncurkan.

Untuk memberikan produk asuransi yang terbaik, Kitajaga bekerja sama dengan pialang asuransi resmi yaitu PasarPolis yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Sementara untuk Dana Bersama, Kitajaga menggandeng PT. Asuransi Takaful Keluarga. Nantinya Dana Bersama (atau dana tabarru’) akan dikelola secara amanah oleh mitra asuransi syariah tersebut. Dalam situs Kitajaga juga disebutkan semua disesuaikan dengan akad asuransi syariah.

Terkait hubungan dengan layanan sebelumnya, Vikra menegaskan, "Kitajaga merupakan program berbeda dengan Saling Jaga yang sudah selesai beroperasi".

Bisnis insurtech di Indonesia

Menurut data yang diolah DSInnovate dalam "Insurtech Report 2021", GWP (gross written premiums) yang telah dibukukan industri perasuransian di Indonesia telah mencapai $20,8 miliar pada tahun 2020. Asuransi jiwa mendominasi angka dengan persentase 73,8%.

Di Indonesia sendiri, sudah ada beberapa platform yang secara spesifik memberikan akses ke produk asuransi secara digital, berikut daftarnya:

Masing-masing memiliki pendekatan unik yang diunggulkan. Misalnya Fuse fokus pada digitalisasi sistem keagenan. Sementara PasarPolis fokus pada integrasi layanan ke ragam aplikasi konsumer. Selain bersama Kitabisa, PasarPolis juga telah menghadirkan layanan GoSure bersama Gojek.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter