Platform desain online Canva hari ini mengumumkan peresmian kehadirannya di Indonesia. Hal ini melanjutkan upaya penerjemahan platformnya ke Bahasa Indonesia yang dilakukan sejak 9 bulan lalu. Setidaknya debut di Indonesia telah diawali dengan bergabungnya lebih dari 100 ribu pengguna dengan 3,5 juta jenis desain yang dibuat. Dari data yang diberikan, separuh dari demografi pengguna ada di Jakarta.

Canva menjembatani setiap orang untuk mudah memuat ragam jenis desain secara online. Mulai dari mendesain kartu ucapan, poster, brosur, infografik, hingga presentasi. Kehadirannya di Jakarta melengkapi basisnya di lebih dari 169 negara, dengan lebih dari 10 juta pengguna. Bagi Canva, Indonesia dinilai sebagai pasar yang strategis.

“Kami sangat bersemangat untuk meluncurkan Canva di Indonesia. Indonesia telah menjadi salah satu dari pasar kami yang tumbuh dengan pesat dan kami melihat potensi yang begitu luar biasa untuk menjadi pasar yang bahkan lebih besar lagi,”  sambut Head of Growth Canva International Andrianes Pinantoan.

Sebagai bagian dari penguatan basis di Indonesia, saat ini Canva telah membentuk tim lokal untuk bermanuver dalam hal pemasaran dan kemitraan. Diluncurkan menyambut Lebaran, desain template Lebaran menjadi salah satu strategi untuk menarik pengguna bagi pasar Indonesia saat ini.

Salah satu strategi Canva dengan mempersiapkan template spesial lebaran / Canva
Salah satu strategi Canva dengan mempersiapkan template spesial lebaran / Canva

Andrianes melanjutkan, “Kami akan berinvestasi dalam hal pemasaran lokal, pengembangan bisnis, kemitraan, dan menyesuaikan produk kami di Indonesia dengan tujuan memperkenalkan Canva pada pemasar media sosial, blogger dan bisnis skala kecil dan menengah Indonesia, serta memberdayakan mereka untuk membuat desain cantik milik mereka sendiri,”

Di Indonesia, kendati didominasi pengguna di Jakarta, basis pengguna juga sudah mulai terlihat di Surabaya dan Bandung. Harapannya dengan adanya basis bisnis di Indonesia, pasarnya di sini akan terus meluas. Perusahaan digital yang didirikan Melanie Perkins, Cliff Obrecht dan Cameron Adams pada tahun 2012 ini juga memiliki kapabilitas mobile untuk mengoptimalkan penggunaan layanannya (saat ini baru tersedia di platform iOS).

Peluncuran Canva di Indonesia sebenarnya masuk dalam rangkaian promosi internasional besar-besaran selama 12 bulan terakhir. Canva memiliki 25 bahasa baru selama periode tersebut. Debut Canva yang cukup signifikan mendorong valuasi perusahaan mencapai $345 juta.

Startup ini mendapatkan investasi dari beberapa investor, termasuk Felicis Ventures, Blackbird Ventures, dan Matrix Partners. Aktor Hollywood Owen Wilson dan Woody Harrelson juga merupakan investor di perusahaan ini.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.