Categories

Internet

Klanblog: Marketplace Jual Beli Iklan Bagi Blogger dan Pengiklan

DailySocial - 23 February 2014

Jika mendengar istilah online marketplace pasti yang terpikirkan pertama kali adalah tempat jual beli barang atau jasa yang dapat dilakukan secara online baik itu di forum maupun platform media sosial. Namun bagaimana dengan konsep online marketplace yang isinya tempat berjualan iklan? Keunikan ini lah yang coba ditawarkan oleh Klanblog, sebuah situs jual beli iklan yang bakal mempertemukan para blogger (pemilik situs blog) dengan pengiklan.

Konsep yang ditawarkannya memang terdengar sedikit asing, namun dengan mengusung konsep pasar, Klanblog menjanjikan pengalaman yang kurang lebih sama dengan situs marketplace pada umumnya. Yang membedakan hanyalah produk yang dijual, yaitu slot iklan.

Klanblog menargetkan para blogger atau narablog untuk membuka kesempatan bagi mereka untuk menjaring iklan sebanyak mungkin dari pihak yang ingin menaruh iklan pada situs mereka. Dalam keterangan tertulis yang dikirimkan kepada kami, Klanblog mengklaim layanannya tersebut menawarkan pilihan dan cara baru bagi blogger dan pengiklan.

Bagi blogger, jika telah terdaftar dan membuat listing slot iklan yang ditawarkan dalam Klanblog, maka blogger hanya tinggal menunggu penawaran dari pihak pengiklan. Begitu pula dari sisi pengiklan, platform Klanblog dapat memberikan arahan bagi pengiklan dalam menemukan situs blog yang sesuai dengan produk atau jasa yang diiklankan. Dengan begitu maka pengiklan tak akan lagi salah sasaran pasar.

Pihak Klanblog sendiri mengutarakan layanannya tersebut tidak bersinggungan dengan layanan iklan digital seperti dari Google AdSense serta layanan Pay-Per-Click (PPC) lokal yang umum digunakan saat ini. Menurut Eko Ari Wijayanto selaku founder Klanblog dalam pernyataan tertulis kepada kami, kehadiran Klanblog di ranah iklan digital tidak turut ambil bagian dalam model bisnis yang sudah dilakukan oleh Google AdSense dan PPC lokal yang menghitung jumlah “klik” per iklan dengan harga tertentu.

Dijelaskan, Klanblog menerapkan sistem pemasangan biaya iklan berdasarkan jangka waktu pemasangan, mulai dari jangka waktu harian, mingguan, hingga bulanan. Biaya yang ditawarkan rata-rata juga tak sampai membuat pengiklan harus merogoh kocek dalam-dalam. Tarif yang dipatok berkisar antara Rp 15.000 per bulan hingga Rp 350.000 untuk setiap bulannya.

Dengan konsep dan layanan yang cukup baru di ranah industri online di Indonesia, kehadiran Klanblog seakan mengingatkan pada khalayak luas akan keberadaan blog yang “terlupakan”, padahal dari sekian banyak blog yang beredar saat ini, tentunya cukup banyak yang memiliki konten yang menarik banyak pengunjung dan hal tersebut tentu disukai oleh banyak pengiklan untuk meraih pasar.

Tak ada kekurangan yang berarti dalam konsep maupun layanan yang diusung oleh Klanblog, namun apakah layanan Klanblog akan diminati oleh banyak blogger dan juga pengiklan? Kita tunggu saja perkembangannya nanti.

[ilustrasi foto: Shutterstock]


Artikel sindikasi ini pertama kali dimuat di DailySocial dan ditulis oleh Avi Tejo Bhaskoro. 

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter