1. Startup

KlikBCA Gandeng Bhinneka Untuk Online Payment Gateway

Hari ini baru sadar bahwa KlikBCA seperti telah siap meluncurkan sistem online payment-nya. Hal ini terlihat dengan adanya kerjasama antara KlikBCA dengan Bhinneka yang memampukan anda (pengguna KlikBCA) untuk melakukan transaksi pembelian barang di Bhinneka.

Selama ini visitor Bhinneka kebanyakan hanya mencari informasi spesifikasi mengenai sebuah produk elektronik, namun tidak melakukan pembelian dan memilih membeli secara offline di toko komputer. Dengan kerjasama ini pastinya akan jauh lebih mudah untuk melakukan pembelian langsung secara online. Meskipun demikian metode yang diterapkan masih cenderung tertutup dan kurang fleksibel.

Untuk saya, ini adalah pembukaan dari makin maraknya industri e-commerce yang memang telah lama menunggu sebuah sistem pembayaran online. BCA sebagai salah satu bank yang memiliki basis pengguna cukup besar nampaknya mampu menempatkan diri (secara eksklusif) sebagai penyedia pembayaran online lokal pertama.

Berarti kita tinggal menunggu langkah pengembangan dari bank-bank lainnya seperti Mandiri, BNI, dkk yang tergabung dalam ATM Bersama. Jika bank-bank ini juga meluncurkan sistem pembayaran online yang terintegrasi (dan semoga bisa lebih fleksibel), maka lengkap sudah infrastruktur untuk mendongkrak bisnis online di Indonesia.

Dari sepenglihatan saya, sepertinya sistem pembayara KlikBCA ini masih berada di kelas korporat yang memang mengincar bisnis-bisnis besar dan belum merambah ke pasar retailer online yang lebih kecil. Namun jika melihat kondisi yang sekarang ada, memang jumlah situs e-commerce justru lebih banyak yang menengah ke-bawah meskipun jumlahnya korporat e-commerce besar juga tidak sedikit.

Apakah KlikBCA akan meluncurkan solusi untuk pengusaha e-commerce yang lebih kecil? Atau terus mengincar ikan-ikan yang lebih besar saja?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again