Satu tahun menjalankan bisnis sebagai layanan laundry on-demand di Jakarta, KliknKlin startup lokal yang didirikan oleh Raka Destama (Co-Founder & CEO), Jeremia Michael (Co-Founder & Managing Director), Irfan Fadhila (Co-Founder & CTO) dan Simon Siahaan (COO), tahun 2017 ini menghadirkan inovasi yang diklaim mampu memberikan peluang kerja baru kepada masyarakat yang ingin memiliki usaha sendiri.

Kepada DailySocial, Co-Founder dan Managing Director KliknKlin Jeremia Michael mengungkapkan, saat ini KliknKlin telah memperluas wilayah layanan bukan hanya di Jakarta, namun dalam waktu 1-2 bulan mendatang mulai membuka layanan di kota Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Surabaya, dan Semarang. Saat ini KliknKlin telah memiliki kantor cabang di Bandung.

Jumlah pengguna KliknKlin sampai saat ini ada sekitar 20 ribu. Untuk mitra yaitu pemilik laundry yang telah bergabung dengan KliknKlin saat ini sudah mencapai angka ratusan. Sedangkan terkait dengan kategori layanan laundry yang saat ini tersedia di KliknKlin di antaranya adalah laundry kiloan, laundry satuan dan laundry express.

“Untuk ke depannya kami juga berencana untuk menambah fitur laundry sepatu, laundry karpet, laundry tas, laundry premium. Sementara untuk wilayah layanan diharapkan tahun 2017 ini bisa menjangkau 12 kota besar di Indonesia,” kata Jeremia.

Setelah sebelumnya hanya tersedia di aplikasi mobile platform Android, awal tahun 2017 ini KliknKlin telah merilis aplikasi mobile versi iOS.

Layanan POS dan LaundryKlin

Tim KliknKlin

Selain menambah jumlah pengguna dan mitra, tahun 2017 ini KliknKlin juga memperluas bisnis dengan menghadirkan sister company bernama LaundryKlin. Layanan terkini dari KliknKlin ini menawarkan kesempatan kepada masyarakat yang ingin memiliki usaha sendiri dengan membuka outlet laundry.

“Melalui LaundryKlin kami menawarkan peluang usaha untuk berbisnis dan mempunyai outlet laundry dengan cakupan seluruh kota di Indonesia,” kata Jeremia.

Untuk mendukung usaha tersebut KliknKlin juga memiliki sistem POS khusus untuk pemilik usaha, yang berfungsi memonitor jumlah transaksi, laporan keuangan dan pembukuan setiap harinya.

“POS menjadi media penunjang untuk menjadi laporan pembukuan dan keuangan bagi para investor (yang mengambil peluang usaha LaundryKlin). Jadi investor bisa tracking transaksi harian dari outlet mereka masing-masing,” kata Jeremia.

Saat ini hampir semua pemilik usaha di LaundryKlin telah memanfaatkan sistem POS buatan KliknKlin, dengan desain yang dibuat khusus layaknya outlet laundry premium. Saat ini LaundryKlin sudah tersedia di seluruh kota di Indonesia, terutama di kota-kota besar.

“Dengan adanya LaundryKlin, kita ingin mengajak semua calon pengusaha  untuk bisa membuka dan mempunyai bisnis Laundry sendiri, yang kami tawarkan dari USP-nya adalah online order tersebut,” tutup Jeremia.

Application Information Will Show Up Here