1. Startup

Kokiku TV Terima Suntikan Pendanaan dari Elixir Capital

Investasi akan difokuskan untuk merekrut tim guna menguatkan konten dan rencana ekspansi global

Kokiku TV startup pengembang konten dan layanan multi-channel network (MCN) dalam industri kuliner lokal mengumumkan baru saja memperoleh pendanaan dari Elixir Capital, sebuah private equity asal Silicon Valley. Belum dibeberkan jumlah investasi yang diberikan. Dana investasi tersebut akan digunakan untuk merekrut tim guna merealisasikan upaya penguatan konten dan ekspansi ke negeri tetangga.

Kokiku TV memposisikan diri sebagai brand food and lifestyle yang prominen untuk bersaing di pangsa pasar Asia Tenggara, dengan membawa misi untuk mempopulerkan kuliner Indonesia kepada dunia. Sebagai MCN, Kokiku berpartner dengan content creator video kuliner yang diagregasi dari Youtube, dan membantu para content creator mengembangkan channel mereka dalam naungan Kokiku Network.

Kokiku Network sebagai MCN memberikan layanan berupa production support, langganan musik, programming, funding, marketing, rights management, pengembangan channel dan penonton, dan juga sales support. Kokiku Network juga bertugas sebagai sales agent untuk para food creators tersebut, yang menghubungkan mereka ke direct client.

Sejak didirikannya Kokiku TV pada tahun 2013 oleh Nadia Hudyana ke, Kokiku TV telah membentuk niche baru di dunia online media, dengan menyuguhkan konten video kuliner berkualitas tinggi dengan citarasa internasional.

“Industri media di Asia Tenggara sedang mengalami perubahan dari tradisional media ke digital. Kami menganalisis data analytics dengan seksama untuk memproduksi konten yang benar-benar dicari penonton,” ujar Nadia Hudyana, CEO Kokiku TV.

Mayoritas penonton milenial tidak lagi mengkonsumsi video di televisi, melainkan menggunakan perangkat mobile. Sebagai perusahaan media, Kokiku TV didesain untuk menjangkau penonton melalui high-quality content dan distribusi yang mudah dikonsumsi seperti melalu media sosial. 75% dari 1.5 juta penonton bulanan Kokiku Network berumur 18 sampai 34 tahun.

“Video platform dan mobile device telah menjadi sorotan dalam industri media, dan sejak Youtube dan Facebook membuka kantor di Indonesia dan beberapa Negara ASEAN, saya percaya Kokiku dengan keunikan asetnya dapat mempergunakan momen ini untuk melakukan ekspansi,” ujar Arshad Ahmed, Managing Director Elixir Capital dan penasehat Kokiku TV.

Kokiku Network memiliki 60 anggota MCN, hal ini membuat Kokiku TV menjadi saluran video kuliner online terbesar dan sekaligus MCN kuliner pertama di Indonesia.

Profitability yang telah dicapai Kokiku membuat bisnis ini amat scalable, dan dengan dana investasi dari Elixir Capital, Kokiku memiliki modal yang cukup untuk mengembangkan bisnis di luar Indonesia. Kami percaya bahwa Kokiku TV adalah jawaban yang tepat untuk menjadi unggul di industri digital media dalam vertikal kuliner. Kami mengharapkan pertumbuhan dan transformasi yang luar biasa terjadi,” tambah Arshad Ahmed.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again