Categories

Lifestyle

Kolaborasi ARM dan Samsung Buahkan Prosesor 3 GHz

Proses Pabrikasi 7LPP dan 5LPE membuat ARM lebih kencang

Dimas Galih W. - 11 July 2018

Sampai saat ini, hampir setiap smartphone dan tablet dengan sistem operasi Android dan iOS menggunakan teknologi buatan ARM. Lisensi ARM terbagi dua untuk prosesornya, yaitu lisensi di mana sebuah vendor dapat menggunakan prosesor mereka tanpa adanya modifikasi dan lisensi yang membolehkan vendor untuk melakukan modifikasi. iPhone adalah contoh dari lisensi yang kedua.

Dalam mengembangkan prosesornya, kinerja ARM juga didukung dengan teknologi pengecilan transistor. Semakin kecil dimensi transistor yang ditanamkan, tentu saja semakin kecil daya yang dibutuhkan serta dapat mengurangi temperatur yang dihasilkan.

Saat ini ARM menjalin kolaborasi dengan Samsung untuk memproduksi prosesor Cortex A76. Tidak tanggung-tanggung, kedua perusahaan akan memproduksi prosesor tersebut dengan teknologi 7LPP (7nm Low Power Plus) dan 5LPE (5nm Low Power Early).

Kedua perusahaan itu berharap, dengan menerapkan teknologi tersebut, Cortex A76 mampu berjalan pada clock 3 GHz atau lebih. ARM sendiri mengumumkan bahwa prosesor mereka yang berikutnya bakal mampu berjalan pada clock 3 GHz.

Selain prosesor Cortex A76, dengan proses pabrikasi yang sama, ARM juga berencana untuk mengimplementasikan inti prosesor terbaru mereka yang memiliki teknologi ARM DynamIQ. DynamIQ sendiri merupakan sebuah teknologi penerus big.LITTLE yang mampu menyediakan topologi baru.

Hasil produksi dari pabrik Samsung ini memang belum akan ditemukan dalam waktu dekat. Pengembangannya sendiri baru akan rampun sekitar pertengahan tahun 2019. Untuk produknya sendiri, mungkin akan dirasakan oleh konsumen pada akhir tahun 2020 nanti.

Sumber: Samsung NewsRoom.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter