14 April 2014

by Yoga Wisesa

Kolibree Adalah Sikat Gigi Pintar Elektrik Pertama di Dunia

Kesehatan merupakan salah satu hal yang menjadi perhatian utama bagi para produsen gadget: headband untuk mengukur tinggi stres, smartwatch untuk memonitor jantung dan kualitas tidur hingga smartband untuk pelengkap berolahraga. Namun saat ini, satu-satunya perangkat pintar yang dibuat untuk fokus pada kesehatan mulut dan gigi ialah Kolibree - sikat gigi pintar pertama.

Gigi yang sehat adalah investasi terpenting di hari tua, namun juga menjadi hal yang banyak orang sering abaikan. Apalagi mayoritas orang baru akan mengunjungi dokter gigi jika mereka terkena masalah. Lalu bagaimana Anda bisa tetap menjadi kesehatan mulut jika Anda mengunjungi dokter hanya sekali dua kali dalam satu tahun?

 

Info menarik: Wow! Charger Ini Mampu Isi Penuh Baterai Smartphone dalam 30 Detik

 

Kolibree akan mempermudah Anda dalam melakukan hal tersebut. Sikat gigi ini mengkombinasi rangkaian teknologi sensor canggih yang mampu mendeteksi daerah mana yang sudah Anda sikat, dan area mana yang belum.

Perangkat ini juga bisa menjadi solusi sulitnya mengajak buah hati Anda untuk menyikat gigi sebelum tidur. Karena terkoneksi dengan perangkat pintar, ia akan terintegrasi dengan game sehingga menyikat gigi menjadi aktivitas yang mengasyikkan.

Kolibree juga akan mempermudah kita mengerti kesehatan mulut dan gigi kita sendiri. Para penciptanya percaya bahwa semakin orang mengerti tentang kesehatan diri, mereka akan semakin terdorong untuk hidup lebih sehat. Dengan begitu, siapa tahu mengunjungi dokter gigi tidak lagi menjadi hal yang tabu (dan menakutkan untuk beberapa orang).

Kolibree ialah sikat gigi elektrik yang terkoneksi dengan smartphone ber-platform iOS dan Android Anda via konektivitas Bluetooth. Seperti yang sedikit dibahas di atas, Kolibree memiliki rangkaian sensor. Sensor-sensor tersebut akan mengirimkan data ke handset, kemudian dianalisa oleh aplikasi, sehingga Anda mendapatkan info lengkap tentang kebersihan mulut.

Sikat gigi pintar ini didesain sedemikian rupa agar berfungsi optimal, elegan dan ringan, mampu mencapai ruang-ruang sempit di mulut serta cocok digunakan baik orang dewasa maupun anak-anak.

Tentu saja para ahli gigi turut mengambil andil dalam pembutan Kolibree. Mereka memanfaatkan teknologi motor suara, sehingga sikat gigi elektrik ini bukan hanya bekerja dengan hening, tapi juga lembut di gusi.

 

Info menarik: Luma, Seperti Inilah Seharusnya Lampu Pintar Dibuat

 

Setidaknya ada tiga jenis aplikasi yang sudah disiapkan tim Kolibree. Yang pertama adalah app standar yang menyajikan informasi real-time tiap kali Anda menggosok gigi. Terkadang kita terburu-buru saat menggosok gigi - terutama di pagi hari. App ini akan mengumpulkan data sehingga Anda bisa tahu area-area mana saja yang harus mendapatkan perhatian khusus dalam sesi gosok gigi berikutnya. Rencanya, developer juga akan melengkapinya dengan fitur multi-user.

Aplikasi lainnya adalah game. Permainan-permainan ini dibuat bukan hanya agar sikat gigi menjadi aktivitas yang menyenangkan (bagi Anda maupun si buyung), tapi juga agar pengguna tidak terburu-buru dalam menyikat serta membersihkannya secara menyeluruh.

Ada dua buah game yang sudah mereka siapkan. Yang pertama, Anda akan bermain sebagai manusia mungil untuk membersihkan gigi dari sisa-sisa permen dan makanan. Game kedua adalah permainan racing dimana sebagai kontrolnya, Anda harus mengikuti petunjuk di layar untuk menggosok gigi di sebelah kiri dan kanan mulut.

Sikat gigi pintar ini tengah mengikuti kampanye pendanaan publik lewat layanan Kickstarter, jika kampanye crowdfunding mereka sukses dan semuanya berjalan lancar, konsumen akan mendapatkan lebih banyak jenis aplikasi. Mereka yang menjadi pendukung proses crowdfunding akan bisa mendapatkan perangkat ini bulan Oktober 2014.

Informasi lengkap bisa dilihat di halaman Kickstarter Kolibree.