Categories

Tips

Komentar Negatif dan Perannya dalam Perkembangan Bisnis

Komentar negatif bisa membantu kita dalam memahami kebutuhan dan kemauan pengguna

Prayogo Ryza - 21 March 2017

Sekarang adalah masa di mana kita tidak bisa menahan kebebasan orang berkomentar. Ini akan menjadi masalah jika yang menjadi objek komentar adalah bisnis atau produk kita, terlebih komentar yang negatif dan kita gagal menindaklanjutinya dengan baik.  Hal tersebut harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak menyinggung pengguna atau rusak citra brand atau produk kita.

Sebelum bertindak dan menyikapi komentar negatif tersebut, kita terlebih dahulu harus memahami manfaat yang terkandung di dalamnya. Meski negatif, komentar tetap berguna bagi bisnis kita. Yang pertama untuk mengetahui selera dan kemauan pengguna. Komentar negatif yang menimpa produk atau bisnis kita menjadi jalan untuk bisa memahami pengguna, mengetahui keinginan mereka. Sehingga kita bisa lebih baik lagi.

Yang kedua yang bisa kita ambil dari komentar negatif adalah jalan untuk membangun hubungan yang baik dengan pengguna. Salah satu alasan yang mungkin menjadi landasan komentar negatif tersebut adalah keinginan pengguna terlibat dan terhubung dengan produk kita. Kita seharusnya menerima mereka dan memperlakukan mereka dengan baik. Mungkin mereka menjadi calon pelanggan setia.

Setelah kita mengetahui manfaat komentar negatif bagi produk atau bisnis kita selanjutnya bagaimana baiknya kita menyikapinya. Komentar negatif sebaiknya tidak diikuti dengan respons negatif. Itu hanya membuat citra produk atau bisnis kita runtuh. Tanggapi mereka dengan komentar yang baik dan solutif.

Jika mereka berkomentar tentang layanan atau produk jawab dengan sebaik mungkin. Jelaskan dengan sopan dan detail apa yang mereka inginkan. Jika memang kesalahan terjadi dari pihak internal jangan sungkan untuk meminta maaf. Jika mereka menemui masalah bantu mereka menyelesaikan hal tersebut.

Kita sebagai manusia tentu wajar jika merasa sakit hati atau semacamnya jika mendapatkan komentar negatif. Coba untuk tetap berpikir positif dan mencarikan untuk pengguna tersebut. Cari solusi terbaik untuk semua permasalahan, sampaian dengan sopan, dan jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih untuk komentar yang mereka berikan. Satu hal yang perlu diingat, pelanggan yang berkomentar negatif bisa jadi pelanggan Anda paling setia.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter