Insights

Solusi Membangun Bisnis Online Bersama Komerce, Bisa Hire Talent Terlatih

Menggunakan Layanan Jasa dari Komerce untuk Membangun Bisnis Online.

Membangun bisnis online kini semakin mudah sejak adanya e-commerce enabler company, seperti Komerce, dimana fokus utamanya adalah membantu UMKM mengembangkan atau membangun bisnis online-nya dengan bantuan talent terlatih.

Saat ini, memang mayoritas UMKM telah memulai perjalanan bisnisnya secara online karena banyak sekali peluang dan keuntungan yang bisa diperoleh. Meskipun terlihat mudah, namun akan lebih baik apabila Anda memiliki bekal dan partner berpengalaman untuk mengembangkan bisnis online Anda.

Jika tertarik untuk memulainya bersama Komerce, berikut ini informasi yang dibagikan oleh Nofi Bayu Darmawan, selaku Founder & CEO Komerce, mengenai apa itu Komerce, layanan yang dimilikinya, cara membangun bisnis bersama Komerce, hingga modal yang dibutuhkan.

Apa Itu Komerce?

 

 

Seperti yang telah dijelaskan sedikit di atas, Komerce adalah end-to-end e-commerce enabler yang memiliki tugas untuk membantu UMKM terjun ke dunia digital, terutama e-commerce, agar lebih maksimal dalam penjualan. 

Sebelum menjadi e-commerce enabler, Komerce awalnya merupakan jasa penyedia talent untuk memperkuat peran peran digitalisasi UMKM. Selain itu, Komerce juga merupakan rebranding dari sebuah gerakan sosial bernama Kampung Marketer.

Gerakan ini diinisiasi sendiri oleh sang founder, yaitu Bayu, untuk menjawab permasalah pemuda di sekitar kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, yang kesulitan mencari pekerjaan.

Melalui gerakan tersebut, Bayu mengadakan pelatihan untuk pemuda desa agar bisa menguasai bidang digital marketing dan customer service. Kemudian, setelah dirasa mampu, pemuda-pemuda tersebut pun diterjunkan ke lapangan untuk membantu memaksimalkan penjualan dan layanan pelanggan dengan digitalisasi UMKM.

Dari situlah, kemudian, Komerce terus berkembang untuk membantu UMKM memaksimalkan penjualan dan layanan pelanggan secara digital. Hal itu dibuktikan dengan Komerce yang kini telah memiliki kantor di Purbalingga dan Yogyakarta.

Layanan yang Disediakan oleh Komerce

Saat ini, Komerce menyediakan tiga layanan jasa atau talent yang bisa direkrut oleh UMKM, yaitu Advertiser, Customer Service, dan Admin Marketplace. Bayu juga menjelaskan bahwa masing-masing dari talent tersebut memiliki tugas yang berbeda-beda dalam membantu UMKM

“Masing-masing (talent) memiliki tugas yang berbeda, misalnya untuk advertiser memiliki tugas running iklan digital (Google Ads dan Facebook Ads) untuk memperluas jangkauan pemasaran sebuah brand dengan target yang ditentukan. Customer Service memiliki tugas untuk handle chat yang masuk ke nomor whatsApp partner, dan admin marketplace untuk membantu optimasi toko di marketplace mulai dari dekorasi toko, membalas chat, iklan (shopee), dan sebagainya,” jelas Bayu.

Keuntungan Menggunakan Layanan dari Komerce

Membangun bisnis online memang bisa dikatakan susah-susah gampang. Melalui layanan-layanan yang disediakan Komerce, Bayu memaparkan bahwa UMKM akan mendapatkan sejumlah kemudahan dan keuntungan, di antaranya sebagai berikut:

  • Kemudahan mengelola karyawan untuk bisnis Anda.
  • Mendapatkan talent yang telah terlatih dan lulus pendidikan dasar yang diadakan Komerce. Selain itu, akan ada training berjenjang oleh Komerce untuk menjaga kualitas talent.
  • Talent diawasi oleh leader Komerce yang berpengalaman di bidangnya.
  • Semua kinerja talent dapat dimonitor melalui satu aplikasi Komerce, termasuk di dalamnya laporan absensi harian hingga invoice.
  • Komerce menjaga privasi bisnis partner.
  • Tanpa kontrak kerja. Anda sebagai partner bisa mengakhiri kerjasama kapan saja jika sudah tidak memungkinkan untuk diperpanjang.

Bagaimana Cara Hiring Talent dari Komerce?

Setelah membagikan kisah awal mula Komerce dan jasa yang disediakan, Bayu juga berbagi infomasi mengenai cara UMKM merekrut talent dari Komerce untuk dijadikan partner dalam mengembangkan bisnis.

Kriteria UMKM

Sebelum masuk ke prosedur untuk hiring talent, ada baiknya Anda mengetahui kritera UMKM yang bisa merekrut talent dari Komerce. Untuk kriteria atau syarat-syarat, Bayu menyebutkan bahwa masing-masing layanan yang disediakan oleh Komerce memiliki kriteria tertentu. Ia juga memberikan contoh syarat UMKM untuk bisa hireadvertiser dari Komerce.

“Misalnya untuk hire advertiser, UMKM harus dari distributor, produsen, atau pemilik brand dan jenis produk bukanlah produk yang dilarang dan memiliki ijin edar (untuk makanan dan kosmetik). Begitu juga dengan partner CS dan partner admin marketplace yang memiliki kriteria tertentu,” tuturnya.

Selain syarat dari masing-masing layanan yang nantinya akan diinfokan lebih jelas kepada Anda dalam proses hiring, terdapat pula syarat umum yang harus dipenuhi oleh UMKM jika ingin ber-partner dengan talent dari Komerce.

Syarat yang pertama adalah UMKM harus bersedia menyediakan device untuk talent bekerja. Sebagai contoh, jika Anda ingin hirepartner Customer Service, pada website Komerce dijelaskan bahwa Anda harus menyediakan device handphone dengan minimal RAM sebesar 3GB untuk talent melakukan pekerjaannya.

Tapi, jangan khawatir, karena nantinya device akan dikembalikan kepada Anda apabila sudah tidak ada kerja sama.

Kemudian, syarat yang kedua adalah bersedia menyediakan biaya sesuai dengan ketentuan, yang nanti akan dibahas lebih lanjut di segmen modal.

Prosedur Hiring Talent dari Komerce

Setelah Anda merasa sesuai dengan kriteria di atas dan tertarik untuk merekrut partner bisnis dari Komerce, selanjutnya Anda hanya perlu menghubungi kontak Komerce yang tersedia di website dan media sosial Komerce.

Kemudian, Anda bisa konsultasikan kebutuhan Anda untuk nantinya akan dibantu diarahkan kepada layanan yang tepat. Pihak Komerce juga akan mengonfirmasi kesediaan Anda untuk memenuhi persyaratan biaya dan memenuhi kebutuhan devicetalent untuk bekerja.

Apabila Anda telah bersepakat dengan Komerce untuk mengikuti semua ketentuan dan berhasil bekerjasama dengan talent Komerce, selanjutnya Anda bisa melakukan komunikasi melalui WhatsApp, telepon, atau conference call. Selain itu, Anda juga bisa memonitor kinerja talent melalui aplikasi Komerce.

Modal yang Dibutuhkan

Nah, informasi ini mungkin menjadi informasi yang Anda nanti-nantikan karena modal adalah hal terpenting bagi UMKM untuk mengembangkan bisnisnya. Jadi, berapa modal yang dibutuhkan untuk mulai mengembangkan bisnis dengan bantuan talent dari Komerce?

Bayu sendiri tidak bisa menyebutkan nominal pastinya. Namun, selain device untuk talent bekerja, ia menekankan beberapa hal terkait yang harus disiapkan. Di antaranya adalah biaya admin dan gaji serta bonus untuk talent.

Untuk biaya admin, Anda bisa melihat nominal per bulannya untuk masing-masing jasa di website Komerce. Sedangkan untuk gaji dan bonus, Anda bisa menegosiasikannya dengan pihak Komerce melalui kontak yang juga tersedia di website.

Kemudian, jika Anda merekrut advertiser, Anda juga harus menyiapkan modal untuk beriklan di platform iklan berbayar, seperti Google Ads atau Instagram Ads, karena biaya admin belum mencakup biaya tersebut.

Video Alur Hiring Talent Komerce

https://www.youtube.com/watch?v=ZGqEzYKVSJ4

Transmigrasi Bisnis Offline ke Online dengan Komerce

Jika melihat jenis jasa yang disediakan oleh Komerce, memang Komerce terlihat lebih fokus kepada bisnis online yang sudah berjalan dan ingin dikembangkan. Namun, Bayu mengonfirmasi bahwa Komerce juga terbuka untuk partner yang mulai dari nol, seperti bisnis yang sebelumnya hanya berbasis offline dan ingin mulai terjun online.

“Perpindahan bisnis offline ke bisnis online bukan hanya sekedar “pindah tempat”. Tapi juga harus memiliki berbagai strategi agar dapat bersaing dengan ratusan ribu pebinsis dari berbagai wilayah. Jika pebisnis sudah mengerti akan ilmunya, maka mereka akan lebih mudah dalam menentukan strategi bisnis,” katanya.

Untuk alasan tersebut, Komerce biasanya mengadakan berbagai macam pelatihan untuk para UMKM yang berbasis offline, sebelum terjun ke bisnis online. Pelatihan-pelatihan tersebut diantaranya berupa webinar, digital marketingbootcamp, dan lain sebagainya.

Dari informasi yang diberikan Bayu selaku founder dan juga CEO Komerce, dapat disimpulkan bahwa Komerce tidak hanya fokus membantu UMKM untuk mengembangkan bisnis online-nya, tapi juga bisa menjadi partner untuk UMKM yang baru mulai terjun ke sektor digital.

Selain itu, Komerce juga memberikan fleksibilitas kepada UMKM dengan tidak adanya kontrak kerja dan jumlah gaji yang negotiable. Bagaimana, tertarik ber-partner dengan Komerce?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again