Categories

Gadget

[Komparasi] Kecanggihan Dual Camera iPhone X, Galaxy Note 8, dan Nokia 8

Mode portrait lighting masih eksklusif milik Apple iPhone X, smartphone Android belum punya

Lukman Azis - 23 March 2018

Tiap tahun teknologi kamera pada smartphone terus berevolusi dan di tahun 2018 telah sampai pada penggunaan dual camera atau kamera ganda. Fitur tersebut sudah menjadi tren dan seolah menjadi hal wajib yang dimiliki oleh smartphone di segmen high end dan middle range.

Dalam artikel ini saya akan melakukan komparasi singkat kecanggihan tiga smartphone kamera ganda premium, yakni Apple iPhone X, Samsung Galaxy Note 8, dan Nokia 8. Mengulas fitur unggulannya dan pengaturan kamera yang disediakan.

Apple iPhone X

  • Harga varian 64GB Rp16.999.000
  • Skor Dxomark 97
  • Konfigurasi dual 12-megapixel (wide+telephoto)

Apple iPhone X dibekali sepasang kamera 12-megapixel dan keduanya dilengkapi optical image stabilization (OIS). Dengan konfigurasi lensa wide-angle (f/1.8, 28mm) dan lensa telephoto (f/2.4, 52mm).

Dengan kombinasi tersebut, pengguna iPhone X memungkinkan melakukan zoom optik 2x, zoom digital hingga 10x untuk foto, dan 6x untuk video. Rekaman video bisa diambil di resolusi 4K pada 60fps dan fitur slow motion di 1080p pada 240fps.

Namun yang lebih keren lagi adalah mode portrait lighting. Di mana terdapat lima situasi pencahayaan yang berbeda, termasuk salah satunya yang mencoba mereplikasi efek pencahayaan di studio, dengan fokus pada subjek foto dan latar serba hitam.

Berikut hasil bidikan iPhone X.

Kamera-Apple-iPhone-X-10
Hasil foto Apple iPhone X / Dailysocial
Kamera-Apple-iPhone-X-10
Hasil foto Apple iPhone X / Dailysocial

Samsung Galaxy Note 8

  • Harga Rp12.399.000
  • Skor Dxomark 94
  • Konfigurasi dual 12-megapixel (wide+telephoto)

Beralih ke Samsung Galaxy Note 8, phablet ber-stylus canggih ini juga punya dual camera 12-megapixel dan dual OIS. Konfigurasinya hampir sama dengan iPhone X, lensa wide-angle (f/1.7, 26mm, 1/2.5″, 1.4 µm, Dual Pixel PDAF) dan lensa telephoto (f/2.4, 52mm, 1/3.6″, 1 µm, AF).

Kombinasi keduanya memungkinkan kita mengatur efek bokeh di live preview sebelum foto diambil (live focus), mengambil dua gambar secara bersamaan (dual capture), dan optical zoom 2x. Selain itu, kita juga bisa membubuhi foto dengan stiker AR.

Berikut hasil bidikan Galaxy Note 8.

Nokia 8

  • Harga Rp6.499.000
  • Skor Dxomark 68
  • Konfigurasi dual 13-megapixel (color+monochrome)

Berbeda dengan dua smartphone di atas, sistem dual cameraNokia 8 mengambil pendekatan yang berbeda yakni menggunakan konfigurasi lensa color dan monochrome. Masing-masing 13-megapixel dengan lensa besutan Zeiss, aperture f/2.0, dan piksel ukuran 1.12 µm.

Nokia-8-2
Pengaturan kamera Nokia 8 / Dailysocial

Kombinasi tersebut, pengguna Nokia 8 memungkinkan mengambil foto dengan efek bokeh yang cantik, tingkat ‘blur-nya’ bisa diatur sebelum atau setelah memotret. Anda juga bisa menggunakan kamera mono untuk memotret foto hitam putih yang estetis.

Berikut jepretan Nokia 8:

Verdict

adu-smartphone-dual-camera-1

Jika hanya bermodalkan beberapa foto di atas (urutannya iPhone X, Galaxy Note 8, dan kemudian Nokia 8), rasanya cukup sulit memberi komentar mengenai hasilnya lebih jauh. Perbedaan harga yang besar dan skor di Dxomark, tentu bisa memberi gambaran kualitasnya. Namun kalau soal fitur, bagi saya mode portrait lighting di iPhone X adalah jawaranya.

adu-smartphone-dual-camera-3

Kesimpulan ‘kasarnya’, jepretan iPhone X memiliki warna yang akurat dan detail halus yang terdefinisi dengan baik. Sementara, Galaxy Note 8 menyuguhkan warna yang berani dan tingkat detail halus yang sama baiknya. Terakhir Nokia 8, warna yang disajikan cenderung lebih pucat dan tingkat detailnya tidak sebaik mereka.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id