Categories

Game

Komparasi Grafis Grand Theft Auto V Next-Gen dan Last-Gen

Yoga Wisesa - 6 November 2014

Sebenarnya menyebut Xbox One dan PlayStation 4 sebagai console next generation sudah tak lagi akurat. Platform-platform itu telah tersedia sekarang, menggantikan generasi sebelumnya. Namun kira-kira setelah setahun diluncurkan, kita masih menanti potensi mereka sebenarnya, dan hal tersebut hanya bisa dimunculkan oleh permainan yang tepat.

Sesuai pengakuan Rockstar Games, developer game fenomenal Grand Theft Auto V, beberapa fitur baru bisa mereka capai berkat dukungan hardware memadai. Dengannya, Rockstar mampu menyajikan mode first-person – pertama kalinya di seri game ini. Demi melengkapi hal tersebut, Rockstar tak lupa melepas video komparasi bagaimana perbedaan grafis antara GTA V last-gen dengan versi generasi selanjutnya.

Grafis dan performa ialah faktor paling mendasar yang diharapkan konsumen dari kehadiran home console anyar. Dan dalam video tersebut, Rockstar membandingkan kualitas visual Grand Theft Auto V di dua buah hardware buatan Sony: PlayStation 3 dan PlayStation 4. Tanpa berpanjang lebar lagi, silakan simak di bawah.

 

Info menarik: Grand Theft Auto V Next-Gen Sajikan Perspektif First-Person a la Shooter

 

Rockstar memulai video tersebut dengan memperlihatkan kondisi outdoor, dan dapat kita lihat kontrasnya visual PS3 dan PS4. Rerumputan dan tumbuh-tumbuhan menggantikan tanah ‘gundul’ yang sekedar dicat warna hijau. Pepohonan tinggi juga tak lagi tampak seperti potongan-potongan papan yang disusun – mereka kini terlihat layaknya pohon sungguhan. Sebagai bonus, developer sudah menambah jumlah fauna di alam liar.

Tentu tekstur GTA V anyar lebih tajam, hal tersebut berlaku untuk semua objek dalam permainan; kendaraan, batu, pohon kaktus, hingga karakter. Efek cahaya, asap dan bayangan kini juga lebih realistis. Tambahan manis lain adalah efek pantulan keadaan sekitar di benda-benda gloss contohnya body mobil dan lain-lain. Versi next-gen tak lupa memiliki depth of field lebih tinggi, meningkatkan level sinematiknya.

Cuaca kini tampil jauh lebih realistis: hujan deras seolah-olah mengaburkan cahaya, rintik-rintik air hujan terlihat benar-benar membasahi jalanan aspal yang retak, terdapat kabut, serta efek-efek partikel di udara. Namun saya belum melihat adanya respon antara objek bergerak dan cuaca, misalnya tetesan air di kap mobil. Sesuai pembahasan artikel kemarin, Rockstar menambahkan detail pada interior mobil agar mendukung perspektif orang pertama.

Grand Theft Auto V segera dirilis untuk PlayStation 4 dan Xbox One tanggal 18 November 2014, lalu versi PC-nya menyusul tanggal 27 Januari 2015.

Gambar header: RockstarGames.com.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id