Categories

Berita

Inilah Para Pemenang Kompetisi "Smart City Apps" BlackBerry

Hesti Pratiwi - 28 October 2014

Kompetisi "Smart City Apps" yang diluncurkan BlackBerry Innovation Center (BBIC) bersama Institut Teknologi Bandung (ITB) Mei 2014 lalu telah menemukan pemenangnya. Setelah melalui masa seleksi dan penjurian, hari ini (28/10) secara resmi BlackBerry mengumumkan nama-nama pemenang kompetisi ‘Smart City Apps’ yang terbagi dalam lima kategori, yaitu Smart City, Smart Health, Smart Education, Smart Payment, dan Smart Enterprise.

Kompetisi aplikasi “Smart City” digelar BlackBerry bertujuan memberikan kesempatan kepada pengembang lokal untuk menampilkan kemampuan dalam berinovasi dan membuat aplikasi untuk menjawab tantangan yang dihadapi masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Kusuma Lienandjaja, Director of Government Relations at BlackBerry Indonesia, menegaskan dalam rilisnya bahwa kompetisi ini merupakan bentuk komitmen untuk mendukung pengembang lokal dalam memanfaatkan teknologi, guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat perkotaan di Indonesia.

“Kami percaya dengan memberikan kesempatan unik untuk menampilkan bakat mereka dalam berinovasi, para pengembang dapat memberikan kontribusi dengan cara baru untuk menjadikan bangsa menjadi tempat yang lebih baik untuk tinggal dan bekerja,” ujarnya.

Antusiasme serta sikap optimis yang senada juga disampaikan Prof. Dr. Ir. Suhono Harso Supangkat, M.Eng. CGEIT selaku Ketua LPIK ITB dan BBIC ITB.

“Mereka (peserta) sangat antusias dan bersemangat untuk belajar hal-hal baru, dan termotivasi untuk memberikan kontribusi bagi kemajuan bangsa di bidang pendidikan, kesehatan, serta bidang lainnya. Dukungan yang diberikan oleh BlackBerry dan ITB sangat luar biasa, dan kami berharap kita bersama-sama terus berupaya memajukkan bangsa ke masa depan yang lebih baik,” ungkap Suhono.

Aplikasi ‘Smart City’ yang diperlombakan disyaratkan harus memenuhi pedoman ‘Built for BlackBerry’ dan BlackBerry 10 User Interface.  Juri yang mengevaluasi oleh dewan juri yang terdiri dari eksekutif BlackBerry dan para ahli eksternal.

Pemenang Kategori Smart City Jakarta adalah Ricky Kurniawan dan Edwin Bernadus dengan aplikasi “Floo Ride Sharing for Better Mobility” yang diikuti di urutan kedua oleh David Samuel dan Giri Kuncono dengan aplikasi “Pengembangan Pelacak Berbasis Bluetooth Low Energy”.

Berikutnya untuk Smart Health, pemenangnya adalah Billy Koesoemadinata dengan aplikasi “Sportpal”. Runner up untuk kategori ini adalah Susetyo Bagas Bhaskoro dan Tubagus dengan aplikasi “Smart Hospital”.

Di segmen Smart Education, pemenangnya adalah Ratna Palupi dengan aplikasi “Pinjam Buku”. Posisi kedua ditempati oleh Rani Megasari, Bayu Erfianto, dan Seno Adiputra dengan aplikasinya “Growth”.

Kategori keempat, Smart Payments, dijuarai oleh Andy Primawan, Setyo Legowo, dan Taufik dengan aplikasi “Bayareen” dan dikuti oleh Hanif Lyonnais dan Irfan Kamil dengan aplikasi “Slice Promo” sebagai juara keduanya.

Terakhir, pemenang kategori Smart Enterprise adalah Helmi Argubi dengan aplikasi “Secure Survey”. Pemenang kedua di kategori ini adalah I Putu Arya D dengan aplikasi “Mobile Cashier”.

Hadiah yang diperoleh untuk pemenang pertama kompetisi aplikasi "Smart City" adalah sebesar Rp 30 juta. Pemenang kedua akan menerima hadiah sebesar Rp 10 juta. Pemenang utama dari acara ini akan menerima hadiah tambahan sebesar Rp IDR 70 juta.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter