23 December 2014

by Oki Rosgani

Komputer Mungil Orange Pi Siap Saingi Raspberry Pi

Keberadaan perangkat komputer berukuran mungil terus bermunculan setelah kemunculan Raspberry Pi. Kini salah satu produsen asal Shenzhen telah merilis produk serupa dengan nama Orange Pi.

Beberapa nama komputer mungil ini hadir dengan ukuran tidak lebih dari ukuran telapak tangan orang dewasa, menariknya komputer yang datawarkan dengan harga murah itupun menggunakan sumber daya yang sangat kecil

Dengan menggunakan bentuk komponen yang hampir sama dengan Raspberry Pi, Orange Pi juga hadir dengan mainboard berukuran mungil. Bedanya Orange Pi menggunakan modul chipset besutan AllWinner dengan arsitektur yang sedikit lebih ngebut, yakni ARMv7 dengan kemampuan prosesor multi-core. Sementara Raspberry Pi menggunakan modul chipset ARM11 besutan Broadcomm.

Terdapat tiga jenis model Orange Pi yang ditawarkan yakni, Orange Pi, Orange Pi Mini dan Orange Pi Plus, dua model pertama menggunakan modul chipset yang sama yakni AllWinner A20 dual core cortex A7 yang dapat berlari hingga kecepatan 1GHz dengan dukungan modul grafis Mali-200 MP2, sedangkan model terakhir yakni Orange Pi Plus hadir dengan modul chipset yang lebih bertenaga yakni AllWinner A31s quad core Cortex A7 dengan dukungan modul grafis PowerVR SGX544 MP2.

 

Info menarik: [Video] Hector, Robot Serangga Dengan Sensor Pintar

 

Ketiga model tersebut dijejali dengan fitur WiFi 802.11b/g/n, Gigabit Ethernet, port USB, HDMI output, AV ports, serta slot ekspansi tambahan, dimana masing-masing dari model tersebut juga memiliki slot memory microSD, dan beberapa diantaranya telah dijejali dengan modul memory NAND Flash 1GB di dalamnya.

Adapun software yang mendukung perangkat Orange Pi sama dengan software yang digunakan pada Raspberry Pi. Perangkat Orange Pi mendukung platform Android 4.4, Raspbian, Ubuntu Linux, Scratch dan Debian yang dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan seperti membuat server pribadi, bermain game, sebagai perangkat multimedia player serta kebutuhan komputasi lainnya.

Perangkat komputer mungil yang memiliki dimensi 112 mm × 60mm dengan bobot 60 gram ini ditawarkan dengan harga mulai dari US$40 hingga US$70, tersedia juga aksesoris tambahan lainnya seperti modul kamera yang bisa pasangkan dan digunakan untuk mengoptimalkan penggunaan perangkat ini.

Sayangnya, seperti yang dikutip dari Liliputing, karena perangkat Orange Pi ini merupakan perangkat baru, forum dukungan komunitas dan pengguna perangkat ini belum banyak dan masih jauh lebih sedikit dibanding forum dukungan dan komunitas dari pengguna Raspberry Pi.

Namun dengan metode open source yang diusungnya, besar kemungkinan bahwa pengembangan dan fungsionalitas dari perangkat ini masih akan terus meningkat.

Sumber gambar: CNX-Software.