Komunitas R6 IDN dalam Meriahnya Gelaran Gamers Land Party 2019

Simak keseruan gathering komunitas R6 IDN di dalam meriahnya gelaran Gamers Land Party 2019

Pekan lalu (24-25 Agustus 2019) Gamers Land Party (GLP) 2019 berhasil menarik perhatian para penggemar game. Tak hanya menjadi pubstomp The International terbesar di Indonesia, gelaran ini juga hadir dengan berbagai macam acara lainnya, seperti gaming competition, cosplay party, berbagai kumpul komunitas board game dan TC, hingga gelaran meet and greet.

Diselenggarakan di Jatim Expo, Surabaya, gelaran Gamers Land Party 2019 ini juga dihadiri oleh berbagai macam komunitas game. Ada CS:GO, Auto Chess, Dota 2, Audition Ayodance, termasuk juga komunitas Rainbox Six: Siege, yaitu R6 IDN.

Pada acara tersebut, komunitas R6 IDN sendiri diundang untuk turut meramaikan gelaran Gamers Land Party 2019. Tetapi tanpa disangka, ternyata kehadiran komunitas ini sudah cukup ditunggu oleh para penggemar game di Surabaya.

Sumber: Dokumentasi R6 IDN

Tak heran, mengingat komunitas R6 IDN terbilang salah satu komunitas yang aktif di Indonesia. Mereka kerap mengadakan kompetisi secara online dan punya kanal Discord yang aktif, jadi tak heran jika komunitas mereka juga tersebar, tak terbatas di jakarta saja.

Community Gathering R6 IDN yang diselenggarakan di Gamers Land Party ini menghadirkan beberapa kegiatan, seperti: Fun competition dengan mode Terorrist Hunt Realistic Mode dan fun match dengan format Mix Your Team (Peserta perseorangan dicampur ke dalam satu tim random, lalu berkompetisi 5v5).  Ada lebih dari 80 orang menghadiri booth R6 IDN di gelaran GLP 2019, antusiasme komunitas pun tak main-main.

"Menurut gue antusiasme komunitas regional Surabaya dan sekitarnya gokil dan seru banget. Saat acara Mix Your Team yang kita salut. Ketika itu open gate acara GLP jam 9 pagi, sementara kegiatan Mix Your Team R6 IDN mulai jam 10 pagi, tapi ternyata antrian sudah ramai dan langsung full slot saat itu juga. Walau begitu, untungnya peserta tetap antri dengan tertib dan sabar." ucap Ajie "WildLotus" Zata yang turut menjadi panitia di acara community gathering R6 IDN di GLP 2019.

Tak hanya itu, ada juga exhibition di booth R6 IDN. Jadi pengunjung yang penasaran dengan cara main R6S, bisa langsung mencobanya di tempat. "Kita juga senang sekai, komunitas di Surabaya dan sekitarnya cukup internaktif. Kita sharing banyak hal, mulai dari konsep acara gathering berikutnya, lalu konsep turnamen juga sampai berbagai hal lain untuk diterapkan di komunitas." Ajie melanjutkan cerita pengalamannyya mengadakan community gathering di GLP 2019.

Sumber: Dokumentasi R6 IDN

Acara ini juga dibuka dan dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo), Rudiantara. Menariknya Rudiantara juga sempat mampir ke booth R6 IDN. "Terima kasih kepada Pak Rudiantara sempat mampir dan bertanya seputar komunitas kita. Saya sangat senang berkesempatan menjelaskan R6 IDN kepada Pak Rudiantara." Ajie melanjutkan.

"Terima kasih juga kepada ESID sebagai penyelenggara sudah memberi kesempatan kepada komunitas R6 IDN untuk ikut meramaikan acara GLP 2019." Ajie menutup cerita pengalamannya selama menghadiri gelaran GLP 2019 kepada Hybrid.

Kehadiran GLP 2019 ini seakan menjadi angin segar, di tengah padatnya kalender esports Indonesia yang kerap kali terfokus di Jakarta dan hanya menghadirkan game populer saja. Acara ini juga menjadi bukti bahwa komunitas punya perannya tersendiri di dalam perkembangan game, mungkin juga termasuk perkembangan scene esports.

- Disclosure: Hybrid adalah media partner dari Rainbow Six: Siege Indonesia Community (R6 IDN)