Menapaki era Internet of Things (IoT) di tanah air di mana segala benda nantinya akan tersambung ke internet dan dikendalikan dari jauh oleh para penggunanya, Konekthing hadir di tengah gegap gempita IoT sebagai sebuah startup yang menghadirkan solusi produk dan layanan yang memanfaatkan konsep IoT. Salah satu teknologi andalannya ialah teknologi Smart Home yang mengizinkan pengguna mengendalikan rumah mereka melalui smartphone mereka.

Berdiri pada tahun 2012, Konekthing yang bermarkas di Depok ini memiliki impian agar manusia tidak hanya mampu terhubung antar sesamanya saja, tetapi juga terhubung kepada seluruh benda di sekitarnya. Menurut mereka membangun konektivitas berarti turut membangun jembatan ke teknologi masa depan yang mampu mempermudah manusia melakukan segala aktivitasnya. Sejumlah produk yang dihasilkan oleh Konekthing, dana beberapa terkait dengan teknologi IoT adalah Xlogistik, Edu Tablet, Xchat, Xnething SmartHome, dan Xpajak.

Menurut pemberitaan Kompas (1/10/13), Konekthing juga menyediakan application programming interface (API) yang disediakan untuk para pengembang aplikasi Android pihak ketiga yang ingin memanfaatkannya untuk menerapkan konsep rumah pintar. Teknologi yang dikembangkan ialah Wireless Sensor Network yang mengizinkan pengguna untuk memantau dan mengatur suatu area tertentu yang telah memiliki sensor jaringan agar mendapatkan atau membuat suatu kondisi di area tersebut.

Implementasi Smart Home/Building ini nantinya mampu mengotomasikan tempat tinggal Anda, contohnya pengendalian penggunaan listrik (energy management). Tidak cukup sampai di situ, kabarnya nanti teknologi ini dapat juga diimplementasikan pada perabot lain, termasuk kulkas pintar, dan CCTV, melalui PC atau smartphone pengguna.

Solusi lainnya yang dikembangkan oleh Konekthing adalah mobile application yang dipadukan dengan augmented reality dengan nama “Enviar” (Environment Augmented Reality). Dalam penerapannya, pengguna dapat mengetahui informasi tentang posisi dan jarak suatu tempat atau benda terhadap lokasi mereka saat itu hanya dengan mengarahkan kamera smartphone ke suatu arah atau ke objek apapun. Menariknya, Konekthing merancang dan mengembangkan sendiri keseluruhan infrastruktur hardware dan software yang dimiliki dengan mengkombinasikan SDM mereka.

Wacana pemerintah Indonesia menerapkan smart city sebagai bentuk penerapan konsep IoT dalam skala yang lebih besar telah santer terdengar. Konekthing sebagai salah satu pemain di bidang ini memiliki potensi besar untuk memperluas bisnis yang ditekuninya saat ini. Produk andalan mereka, yang terkait dengan Smart Home, bisa dibilang adalah lingkungan terkecil lingkungan IoT yang mendukung pertumbuhan smart city di masa mendatang.

[foto: Konekthing]

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.