Konsisten Rangkul Developer, Samsung Temukan Aplikasi Lokal Terbaik

Konsisten Rangkul Developer, Samsung Temukan Aplikasi Lokal Terbaik

Dari mulai endless running game sampai aplikasi yang mendukung produktivitas harian masyarakat
Juara Indonesia Next Apps 4.0 bersama Samsung dan partner / DailySocial
Juara Indonesia Next Apps 4.0 bersama Samsung dan partner / DailySocial

Rangkaian acara Indonesia Next Apps (INA) 4.0 akhirnya berakhir di babak pamungkas, yakni Judging dan Awarding, pada hari Senin (9/10), di AYANA Midplaza, Jakarta. Dua puluh aplikasi lokal yang mengikuti kategori Samsung SDK, Gear VR, Tizen Smartphone, dan Tizen Wearable dipresentasikan di hadapan dewan juri dalam sesi Judging. Proses pencarian aplikasi terbaik ini sejalan dengan keadaan dan kebutuhan industri teknologi saat ini.

Ekosistem tech startup di Indonesia tengah menghadapi tantangan dalam menemukan talenta digital yang profesional. Menurut survei Indonesia Tech Startup Report 2016 dari DailySocial, 50% startup founder mengaku isu ini masih dialami terus di tahun 2017. Menyadari akan tantangan tersebut, Samsung Indonesia bekerja sama dengan DailySocial dan Dicoding menggelar Indonesia Next Apps (INA) 4.0 yang menjadi ajang penemuan bakat-bakat terbaik IT se-Indonesia.

Menyisihkan 923 aplikasi, inilah aplikasi-aplikasi terbaik yang menjadi juara di Indonesia Next Apps 4.0.

Kategori Samsung SDK

No.  Nama AplikasiNama Developer
1MonaArrival Sentosa (ODT Indonesia)
2KatoSulistiyanto
3AthlestIan Rachman Dana

Kategori Gear VR

No.  Nama AplikasiNama Developer
1GoSimulator VRIkl Mazadi (Gobaksodor)
2Starship Infiltration VRLazuardi Ya’qub Affan (Calcatz Studio)
3Sky Battle ArenaGathot Fajar (Creacle)

Kategori Tizen Smartphone

No.  Nama AplikasiNama Developer
1Crazy CargoRudy Sumarso (Wisageni)
2Kitaria Heroes: Force BenderYogie Aditya
3RelaxioAdi Nugroho (Lonely Box)

Kategori Tizen Wearable

No.  Nama AplikasiNama Developer
1Fishing GoFrida Dwi Iswantoro (Noobzilla)
2Snipe & WatchGathot Fajar (Creacle)
3Mucha GunRizal Syaputra (NOXTAGE)

Kategori Industry Challenge

No.  Nama Aplikasi (Sektor Industri)Nama Developer
1UKM Bersama BRI (Perbankan)Toyo Wiyatno
2SkyPass (Jasa Publik)Puja Pramudya
3vMuseum (Tata Kelola Kota)Davis Ray
4City Point (Properti)Ade Rofaldi

Enam belas juara INA 4.0 di atas diumumkan pada sesi Awarding, yang dihadiri oleh menteri, pejabat kementerian, dan para pimpinan industri yang menjadi partner dalam INA 4.0, antara lain ialah Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, Direktur Jenderal ILMATE Kementerian Perindustrian I Gusti Putu Suryawirawan, Corporate Affairs Vice President Samsung Electronics Indonesia Kang Hyun Lee, Direktur Operasional BRI Indra Utoyo, Group CEO Associates Sinar Mas Land Yonas Yasahardja, Kepala Unit Pengelola Jakarta Smart City Setiaji, dan Direktur SDM & IT Angkasa Pura II Tina T. Kemala Intan.

Perekonomian yang berbasis layanan di sektor media dan komunikasi memerlukan network, device, dan aplikasi yang solid. Dalam hal ini, terselenggaranya Indonesia Next Apps 4.0 menjadi bagian dari upaya menstimulus pengembangan ekonomi berbasis media dan komunikasi. “Kita tidak bisa menumbuhkembangkan ekonomi services media dan komunikasi ini kalau ketiga ekosistem ini tidak berjalan bersama,” tegas Menkominfo Rudiantara.

Senada dengan Menteri Rudiantara, Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) melihat pengembangan aplikasi adalah unggulan di sektor industri ekonomi kreatif, dan kompetisi tahunan Indonesia Next Apps terlihat secara konkret membawa dampak pada pengembangan tersebut. “Kompetisi ini memberikan peluang bagi generasi muda untuk meraih dan menguasai teknologi masa depan. Kami atas nama pemerintah mengapresiasi upaya baik dari PT. Samsung Electronics Indonesia yang telah ikut berkontribusi dalam pencapaian nawacita Presiden Republik Indonesia, khususnya dalam pembangunan ekonomi digital,” ujar Kepala BEKRAF Triawan Munaf.

Disclosure: DailySocial adalah bagian dari penyelenggara Indonesia Next Apps 4.0.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…