Categories

Interview

Konten dan Komunitas Menjadi Kekuatan Female Daily Network

Hesti Pratiwi - 3 August 2013

Tidak hanya barang dan produk yang banyak menyasar wanita, tetapi kini banyak website yang mengkhususkan perempuan sebagai target pembacanya. Lihat saja hampir semua media online besar baik dalam dan luar negeri terdapat kanal female atau woman di dalamnya. Belum lagi memang media yang sejak awal berdiri sebagai media wanita. Salah satu situs yang menyajikan informasi khusus bagi kaum hawa adalah Female Daily Network (FDN) yang di dalamnya terdapat situs-situs seperti Fashionese Daily, Mommies Daily, Clozette Daily dan Travelers Daily.

Di tengah persaingan sengit, dengan begitu banyaknya situs yang segmennya wanita, FDN hingga saat ini masih terus tumbuh dan berkembang. Menurut Affi Asegaf, salah satu pendiri FDN, traffic Female Daily Network terus meningkat dan jumlah anggota terdaftar pun terus bertambah secara konsisten. “Saat ini, page view keseluruhan Female Daily Network adalah sekitar 7 juta per bulan, jumlah registered members 70,274 (Agustus 2013) dan bertambah kira-kira 3,000 member per bulannya.”

Apa yang dicari perempuan dari sebuah situs? Berdasarkan data pengguna, konten-konten yang paling dicari perempuan adalah seputar Informasi yang berkisar review tentang beauty products, insipirasi make-up, inspirasi fashion, tempat belanja, dan lain-lain. “Berhubung lebih dari setengah anggota komunitas kami sudah berkeluarga, informasi seputar mommyhood juga digemari,” tutur Affi.

Sekilas, konten yang dihadirkan FDN tidak jauh berbeda dengan yang dihadirkan oleh media lain. Namun selain menghadirkan konten yang dicari wanita seperti fashion, beauty, parenting, FDN juga sangat fokus pada komunitasnya. Bahkan Affi mengatakan bahwa Female Daily Forum menjadi penyumbang traffic tertinggi secara keseluruhan.

Artinya, basis dari pembaca FDN sudah terbentuk dan mereka memang pembaca setia yang mengandalkan pemenuhan informasi dari situs ini. “Ini bisa terjadi karena kami menggabungkan kekuatan content yang diciptakan oleh tim editorial kami, dengan user-generated content dari anggota komunitas kami.”

Inilah yang membuatnya unik. Bahkan Affi dengan penuh percaya diri mengatakan bahwa walaupun semakin banyak website di segmen wanita, tidak ada yang cukup mirip dengan Female Daily Network. Perpaduan antara konten dan komunitas membuat FDN mampu bertahan dan menorehkan nama yang cukup dikenal di kalangan industri media.

“Ini adalah strategi kami bertahan di tengah persaingan. Komunitas kami yang semakin besar juga merupakan kekuatan yang tidak bisa dipandang sebelah mata, karena para anggota komunitas kami ini merupakan perempuan dengan influencing power yang besar.”

Siapa saja yang pernah bergelut di dunia media faham sekali bahwa keberhasilan tak hanya sebatas menghadirkan konten yang berkualitas namun dibutuhkan pembacanya. Sebab, memiliki basis kuat pembaca, memberi pintu pada pengiklan. Di sanalah pasar mereka, brand atau produk khusus wanita yang terbilang banyak tersebut butuh menyasar pada target konsumen mereka yang tepat. Hal ini juga yang bisa menjadi modal kuat dalam arena perebutan kue iklan di luar.

“Kami cukup beruntung karena website pertama kami, Fashionese Daily, sudah mulai dilirik pengiklan sejak beberapa bulan dibuka. Di awal perjalanan, pengiklan susah dicari bukan karena mereka tidak tertarik bekerjasama dengan kami, tapi karena kebanyakan perusahaan memang belum serius menangani kampanye digital mereka sehingga budget yang tersedia memang tidak banyak, atau bahkan tidak ada sama sekali.”

Tetapi Affi membeberkan, bahwa segalanya mulai berubah sejak tahun 2010. Ia melihat terjadinya peningkatan yang signifikan baik dari jumlah brand sampai advertising budget yang disediakan perusahaan. Untuk itu, saat ini FDN juga menempatkan prioritas untuk membangun tim marketing yang solid. Ini semua penting untuk menangani permintaan iklan yang terus berdatangan, sekaligus memberikan solusi dan layanan yang baik kepada pengiklan.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter