30 January 2015

by Aditya Daniel

Kontrol Perangkat Mac dari iPhone Atau iPad dengan Alfred Remote

Anda sudah pengguna Mac? Sudah kenal dengan aplikasi utilitas bernama Alfred Remote? Kalau belum, baca terus artikel ini karena aplikasi ini bisa jadi adalah aplikasi yang sedang Anda butuhkan saat ini.

Alfred memiliki banyak fungsi, terutama dalam mempercepat pengguna melakukan beberapa aktivitas, misal menaruh Mac ke dalam kondisi sleep, melakukan restart, shutdown, pencarian Google, hingga mengaktifkan workflow yang sudah di buat.

Baru-baru ini, Alfred meluncurkan sebuah aplikasi pendamping (selain aplikasi utama bernama Alfred) untuk platform iOS bertajuk Alfred Remote. Sesuai namanya, aplikasi Alfred Remote berfungsi untuk menjadi remote control bagi aplikasi Alfred yang sudah terpasang di Mac.

 

Info Menarik: ‘Tendang’ Flash Player, YouTube Kini Menggunakan HTML5 Secara Penuh

 

Untuk bisa berfungsi, Alfred Remote harus dipasangkan terlebih dahulu dengan Alfred yang ada di perangkat Mac dan tersambung ke koneksi WiFi yang sama.

Dengan menggunakan Alfred Remote di iPhone atau iPad pengguna bisa melakukan beberapa tugas yang biasa dilakukan Alfred misalnya mengosongkan folder Trash, membuka sebuah aplikasi, mengontrol lagu yang sedang terputar di iTunes, melakukan pencarian menggunakan Safari, ejectflash disk, hard disk ataupun removable disk yang sedang terpasang di Mac, memanipulasi snippets yang terdapat dalam clipboard, menjalankan script, perintah baris di terminal dan masih banyak lagi.

Anda mempunyai kombinasi hotkeys atau keyword yang sulit untuk diingat? Tenang karena Alfred Remote dapat menggantikannya dengan sebuah ikon beserta nama yang tentu lebih mudah untuk diingat.

Alfred Remote hadir dengan UI dan UX yang cukup baik sehingga mudah untuk digunakan. Ikon aplikasi yang terpasang pada Mac juga tertampil pada Alfred Remote untuk memudahkan pengguna mencari aplikasi yang diinginkan.

 

 

 

Info Menarik: Apple Rilis Pembaharuan iOS 8.1.3 dan OS X Yosemite 10.10.2

 

 

Banyak sekali cara menggunakan Alfred Remote, misalnya pengguna bisa membuat workflow di Mac yang akan membuka aplikasi RSS, ataupun situs favoritnya yang telah diatur lalu memutar lagu kesukaan dari playlist di iTunes. Cukup buka Mac menggunakan Alfred Remote dan aktifkan workflow tersebut, mudah bukan?

Pengguna dapat membeli Alfred Remote seharga $4.99 di App Store. Selain itu pengguna juga sudah harus memiliki Alfred Powerpack yang terdapat pada Mac yang dapat dibeli sebesar £17 atau sekitar $25.

Download - App Store - $4.99