Categories

Berita

Kopdar Komunitas Pengguna di Yogyakarta Bisa Jadi Indikasi Menarik Kelahiran Kembali Koprol

Avi Tejo Bhaskoro - 12 August 2014

Lama tak terdengar kabar, layanan media sosial Koprol yang sempat mati dan kemudian digadang-gadang untuk bangkit lagi rupanya masih menyimpan asa. Hari ini secara mengejutkan kami memperoleh kabar bahwa para “Koprollers” (pengguna setia Koprol) akan melakukan acara kopi darat (kopdar) nasional bisa menjadi indikasi bahwa Koprol akan hidup kembali meramaikan industri startup digital Indonesia.

Kabar yang bersumber dari akun Facebook Satya Witoelar sebagai salah satu co-founder Koprol menyebutkan bahwa kota Yogyakarta akan menjadi saksi berkumpulnya para Koprollers dalam acara Kopdar Nasional Koprol 2 yang akan diselenggarakan tanggal 18-19 Oktober 2014 mendatang di Wisma Sejahtera, Kaliurang.

Dari informasi yang tertera, memang tak ada keterangan yang menyebutkan bahwa Koprol akan me-relaunch layanannya. Koprol sendiri saat ini hiatus setelah Yahoo! secara resmi mengembalikan semua kepemilikan Koprol kepada para pendirinya di tahun 2012 silam. Kopdar Nasional Koprol bisa menjadi ajang temu kangen komunitas pengguna Koprol yang terbentuk karena layanan media sosial lokal ini.

Pasca ditutupnya layanan Koprol, cukup banyak spekulasi yang beredar tentang nasib Koprol selanjutnya. Ada indikasi bahwa para punggawa Koprol yang kini tersebar di Barito Labs dan Ice House tengah bersiap meluncurkan Koprol 2.0. Kabar ini tak jelas kelanjutannya hingga detik ini. Hampir bertepatan dengan dua tahun “kematiannya”, komunitas pengguna Koprol membuat gebrakan dengan berkumpulnya para pengguna setianya.

Kami tak layak berspekulasi bahwa dari kegiatan semacam ini menjadi tanda kelahiran Koprol versi baru, tapi harapan positif tetap dijaga. Satya Witoelar sendiri di post Facebook tersebut menyebutkan "Hopefully soon!", ketika ditanya soal kemungkinan hadir kembalinya startup Indonesia pertama yang diakuisisi oleh raksasa Silicon Valley.

Di masa ketika jawara layanan berbasis lokasi Foursquare bahkan harus mengubah model bisnisnya untuk tetap bertahan, kelahiran kembali Koprol adalah tantangan tersendiri untuk menjawab keinginan konsumen lokal.

Bagi yang masih penasaran  dan mungkin ingin melalukan reuni dengan “teman lama” di platform Koprol, silakan simak formulir registrasi Kopdar Nasional Koprol dalam tautan ini. Siapkan biaya sebesar dua ratus ribu Rupiah (sudah termasuk penginapan dan akomodasi) untuk mengikuti seluruh acara kopdar yang akan berlangsung selama dua hari.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter