Categories

Gadget

Kopin Solos Adalah Google Glass-nya Para Pesepeda

Glenn Kaonang - 17 September 2015

Bicara soal kacamata pintar, Anda pasti teringat dengan Google Glass, yang hingga kini masih dalam posisi hiatus. Tidak banyak yang mengetahui, namun jauh sebelum Google, tepatnya di tahun 2007, sebuah perusahaan bernama Kopin sempat meluncurkan semacam heads-up display (HUD) yang bisa menampilkan isi layar iPod yang tersambung.

Produk tersebut memang tidak terdengar gaungnya, sebab tidak ada aplikasi mutakhir yang mendampinginya. Supaya tidak mengulangi kesalahan, Kopin kali ini menghadirkan kacamata pintar terbarunya, Solos, dengan fokus pada satu subjek saja, yakni bersepeda.

Dilihat dari tampangnya saja, terbukti bahwa Kopin tidak bercanda soal pergeseran fokusnya tersebut. Frame milik Solos terbuat dari bahan polycarbonate yang rigan, serta dirancang seaerodinamis mungkin. Sebagai sebuah perangkat wearable, tentunya ia juga diklaim nyaman digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Pada frame sebelah kanannya, terdapat semacam ‘lengan’ yang menjulur hingga ke bagian depan. Yup, bagian tersebut merupakan layar dari Solos, sama seperti desain Google Glass. Bedanya, lengan ini bisa diatur posisinya, jadi Anda bebas menempatkan layarnya di ujung kanan bawah atau kanan atas.

Info menarik: Recon Jet Adalah Kacamata Pintar untuk Konsumen yang Selalu Aktif

Layar milik Solos pun tidak kalah istimewa. Jaraknya yang begitu dekat dengan pupil sanggup menyajikan layar seluas 5 inci yang tetap bisa dilihat dengan mudah meski sinar matahari bersinar begitu terang. Untuk mengatur tingkat kecerahan maupun beragam aspek dalam Solos, pengguna sama sekali tidak memerlukan tangannya; Solos akan terus siaga guna menerima instruksi suara dari pengguna.

Meski mempunyai desain keren dan layar yang berkualitas, sayangnya Kopin Solos hanya terbatas pada menampilkan data saja – termasuk notifikasi. Untuk mengumpulkan data metrik, Anda masih memerlukan fitness tracker yang memakai ANT+ sebagai platform sinkronisasinya. Solos sendiri mempunyai baterai yang bisa bertahan hingga 6 jam dalam satu kali charge.

Sejauh ini belum ada informasi mengenai kapan dan berapa harga jual Kopin Solos nantinya. Semoga saja tidak jauh lebih mahal daripada kacamata pesepeda biasa. Mengapa demikian? Karena Anda masih perlu dana ekstra untuk membeli fitness tracker, Solos cuma akan menampilkannya secara real-time langsung di hadapan Anda.

Sumber: Digital Trends dan Business Wire.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter