Categories

Mobile

KPK Coba Cegah Tindakan Gratifikasi Dengan Merilis Aplikasi Mobile ”Gratis”

DailySocial - 3 October 2014

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ternyata punya cara digital untuk mensosialisasikan peranannya sebagai penegak hukum tindakan korupsi, sekaligus meningkatkan kesadaran publik akan tindakan yang berpotensi terjerat hukum undang-undang korupsi. Melalui aplikasi mobile bernama Gratis, KPK mencoba untuk mengenalkan lebih dalam soal tindakan gratifikasi (suap) yang disajikan melalui animasi menarik dan ramah penggunaan.

Mengenai aplikasi Gratis, nama yang disingkat dari kata “Gratifikasi Informasi dan Sosialisasi” ini adalah aplikasi yang menjadi pusat informasi lengkap terkait seputar tindakan gratifikasi, mulai dari definisi, kamus undang-undang, permainan interaktif, hingga kanal khusus yang mengajak peranan masyarakat umum untuk melaporkan langsung tindakan gratifikasi yang terjadi di sekitar.

Entah apa alasannya, tampilan aplikasi ini dibuat layaknya aplikasi anak-anak dengan tampilan penuh animasi, serta adanya “Taman Gratifikasi” sebagai pusat kanal penggunaan aplikasi Gratis. Tampilannya yang sedemikian rupa mungkin saja disiapkan untuk mengenalkan tindakan pelanggaran hukum ini untuk generasi dini dengan harapan melalui Gratis, rakyat Indonesia bisa mengetahui resiko hukum yang bakal menjerat.

Sebagian besar, aplikasi ini mengandalkan fungsi interaktif dalam mencari beragam informasi di dalamnya. Bagi yang memiliki rasa penasaran tinggi terhadap tindakan gratifikasi, Gratis bisa menjadi kamus pintar digital yang pas dan kami layak untuk merekomendasikannya kepada banyak pegawai instansi negara yang kerap tercebur ke dalam kasus ini. Di sisi lain, kami memandang kanal khusus pelaporan masyarakat soal gratifikasi juga menjadi poin penting mengapa aplikasi ini layak untuk diunduh (bagi yang membutuhkan).

Kanal khusus yang dimaksud adalah Link KPK. Di dalamnya pengguna bakal menemui sejumlah tautan yang mengarahkan pengguna untuk bisa menjangkau KPK secara cepat. Pilihannya beragam, ada tautan pengaduan masyarakat, e-modul gratifikasi, radio streaming KPK, hingga shortcut akun Twitter KPK juga tersedia di dalamnya.

Sebelum aplikasi Gratis ini diluncurkan, rupanya KPK juga pernah meluncurkan aplikasi serupa yang bernama Siap Beraksi. Guna aplikasi tersebut kurang lebih sama dengan Gratis, hanya saja fokus informasi yang disampaikan cenderung kepada tindakan korupsi secara keseluruhan. Menariknya, sajiannya pun sama mengandalkan animasi serupa dengan penggunaan yang juga interaktif di dalamnya.

Upaya KPK memasuki jalur digital sebagai langkah sosialisasi peranannya tentu sangat baik dalam upaya persebaran informasi bagi masyarakat Indonesia. Masyarakat sendiri sebagian besar saat ini telah mengandalkan perangkat mobile sebagai perangkat andalannya meraih informasi.

Terlepas dari hal itu, kami memiliki sedikit masukan agar ke depannya, KPK mungkin bisa mengembangkan suatu platform khusus pelaporan tindakan korupsi dan suap yang disajikan secara online dan lebih serius seperti halnya yang disediakan oleh BribeSpot. Harapannya tentu saja bisa membuat kesadaran publik akan tindakan tersebut semakin tinggi dan kasus serupa di kemudian hari semakin berkurang.

Gratis bisa diunduh di Google Play Store dan Apple App Store.


Artikel sindikasi ini pertama kali dimuat di DailySocial dan ditulis oleh Avi Tejo Bhaskoro. 

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter