Kulir Banjar berusaha revolusi jasar kurir di Banjarmasin

Kulir Banjar Berupaya Revolusi Jasa Kurir di Banjarmasin

Memiliki model bisnis serupa Go-Jek, kini menyediakan 11 jenis layanan
Armada Kulir Banjar mencoba meriplikasi kesuksesan Go-Jek dengan mengembangkan 11 layanan / Kulir Banjar
Armada Kulir Banjar mencoba meriplikasi kesuksesan Go-Jek dengan mengembangkan 11 layanan / Kulir Banjar

Kulir Banjar merupakan startup yang mencoba memimpin revolusi jasa kurir di Banjarmasin. Baru beroperasi awal Maret tahu ini, Kulir Banjar kini sudah menawarkan 11 jenis layanan, dengan dua di antaranya bisa dipesan melalui aplikasi mobile. Meski sudah memiliki pendapatan, mereka berharap memperoleh pendanaan dari investor untuk mendanai pengembangan bisnisnya.

Layanan ini didirikan oleh Ramdi Murdana pada 1 November 2015 dan mulai beroperasional pada 7 Maret 2016. Awalnya, Ramdi mendirikan bisnis jasa kurir seorang diri, namun di tengah perjalanan, ia mengajak rekannya, Ahmad Fadliansyah sebagai co-founder.

Kulir berasal dari Bahasa Banjar yang berarti malas. Ramdi menjelaskan alasan penamaan Kulir (bukan kurir) karena unik dan mudah diingat oleh konsumen mereka yang sebagian besar masih bersifat kedaerahan. Tujuan utama mereka merintis bisnis jasa kurir ini adalah untuk mengobati penyakit kulir (malas) pada sebagian besar konsumen mereka.

Dengan adanya jasa Kulir Banjar, konsumen dapat bermalas-malasan tanpa harus repot bepergian. Kulir Banjar berusaha memudahkan masyarakat yang sibuk dan tidak punya waktu untuk mengurus sendiri keperluannya.

Di awal berdiri, hanya terdapat dua layanan Kulir Banjar, yaitu Kulir Kuliner (jasa antar kuliner di mana saja) dan Kulir Mart (semacam jasa personal buyer untuk belanja keperluan sehari-hari konsumen), dengan tagline Kulir Jasa Antar Belanjaan Orang Banjar. Seiring waktu, kedua jenis layanan tersebut sudah dapat diakses lewat aplikasi ponsel pintar, yang kini tersedia untuk platform Android.

Selain dua layanan tersebut, Kulir Banjar telah menambah 9 layanan lagi yag saat ini bisa dipesan melalui call center dan akun media sosial. Sembilan layanan tersebut adalah Kulir Send (jasa pengiriman dokumen, barang, dan kado), Kulir Clean (jasa cleaning service panggilan), Kulir Pindah (jasa pindahan rumah beserta packing), Kulir Wisata (paket wisata city tour seputar Kota Banjarmasin dengan kendaraan roda dua dan empat), Kulir Laundry (jasa layanan laundry), Kulir Bayar (jasa layanan pembayaran tagihan PDAM, PLN, termasuk antri tiket XXI), Kulir Massage (jasa layanan terapis massage panggilan), Kulir Box (jasa pengangkutan barang ukuran besar), dan Kulir Glam (jasa perawatan tubuh, make up, dan potong rambut).

Tampilan aplikasi Kulir Banjar di platform Android
Tampilan aplikasi Kulir Banjar di platform Android

Meskipun sudah ada kisah sukses seperti Go-Jek di berbagai kota di Indonesia, pengembangan kemitraan Kulir Banjar ternyata tidak mudah. Menurut Ramdi, mereka masih kesulitan mengedukasi pengusaha bisnis kuliner tradisional karena mereka beranggapan tanpa adanya kurir sekalipun, usaha mereka tetap laris. Dari 100-an pemilik usaha kuliner yang diajak bekerja sama di aplikasi awal, hanya sekitar 70 yang berminat.

Potensi Kulir Banjar

Dibanding pesaing, Kulir Banjar merupakan jasa delivery order pertama di Kalimantan Selatan yang sudah berbasis aplikasi. Saat ini, mereka sedang meng-upgrade layanan aplikasi agar ke depan semua layanan Kulir Banjar sudah bisa dipesan lewat aplikasi ponsel pintar.

Ia berharap layanan aplikasi Kulir Banjar dapat sebesar Go-Jek dan berekspansi ke seluruh Pulau Kalimantan. Ramdi mengundang para investor dapat membantu pendanaan bagi pengembangan jasa layanan Kulir Banjar secara menyeluruh. Saat ini kurir Kulir Banjar sudah ada di Barabai dan Banjarmasin.

Kendala yang dihadapi Kulir Banjar saat ini adalah kedua founder bukan berasal dari bidang TI sehingga mereka harus belajar pengembangan aplikasi terlebih dahulu. Selain itu, model bisnis ini juga memerlukan biaya yang besar untuk pengembangannya.

Kulir Banjar saat ini masih bersifat bootstrapping dan mereka sangat berharap adanya suntikan modal dari angel investor atau modal ventura.

Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Interview
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…