Categories

Feature

Kurio Targetkan Satu Juta Unduhan di Tahun 2015 dan Segera Rilis Versi Tablet

Hesti Pratiwi - 26 November 2014

shutterstock_227718367

Aplikasi mobile untuk membaca berita (news reader) Kurio terus melakukan perbaikan dan inovasi dalam aplikasinya. Minggu ini Kurio baru saja menambahkan fitur barunya yakni, fitur Favorit. Fitur ini diperuntukan bagi pengguna  yang menemukan artikel disukanya dapat menekan ikon Bintang sehingga dapat membacanya kembali melalui menu Favorit. Di tahun 2015 Kurio bakal merilis aplikasi versi tablet dan berharap bisa memperoleh satu juta unduhan.

Update akan dirilis rutin dan berkelanjutan. Tim kami sangat produktif dan akan terus menghadirkan hasil yang lebih baik. Saat ini fokus kami adalah user experience yang jauh lebih baik dan mulus untuk pengguna kami yang terus bertambah. Saat ini kami memiliki lebih banyak pengguna, mereka sangat menyukai menemukan artikel yang menarik buat mereka setiap harinya di aplikasi Kurio,” ujar Satya Witoelar, VP of Product Kurio.

David Wayne Ika, founder Kurio menambahkan setelah resmi meluncur bulan September lalu dan mengantongi pendanaan dari Cyber Agent Ventures (CAV), Kurio mengalami peningkatan dari sisi pengguna. Saat ini David mencatat sejak September lalu terjadi peningkatan sebanyak 50 persen.

“Sejak peluncuran lalu pengguna kami bertambah sebanyak 50 persen. Saat ini 70 ribu download. monthly active user-nya di atas 50 persen,” jelas David yang merasa hal ini adalah pertanda yang baik. David menambahkan tak hanya lebih dari setengah pengguna Kurio yang aktif membaca berita dari aplikasi ini, engagement level pengguna juga mencapai 40 persen. David menjelaskan hal ini ditunjukan oleh peningkatan aktivitas pengguna Kurio pada setiap sesi.

Satya juga merencanakan perbaikan besar yang akan dirilis akhir tahun ini. Hal ini menyangkut penyempurnaan UI and UX. Beberapa fitur di konten yang dihadirkan di Kurio, termasuk tambahan elemen sosial ke dalam teknologi aplikasi ini, bagaimana konten dipilih dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Konten akan menjadi sangat personal bagi setiap pengguna.

David menambahkan semua penyempurnaan dan update besar tersebut juga akan diterapkan untuk versi tablet. “Sudah banyak permintaan versi tablet dari user. Ini akan memberikan kami lebih banyak kesempatan untuk menyasar lebih banyak target pengguna,” tambah David semangat.

Untuk saat ini bagi para pengguna iOS 8 bisa mendapatkan artikel terbaru melalui Today View di Notification Center. Sedangkan bagi para pengguna Android, Kurio  mempunyai performa yang lebih baik lagi di Android 5.0 Lollipop.

FITUR BARU KURIO

Membuka kerja sama dengan komunitas
Dalam mengembangkan Sumber, Kurio tidak hanya menggaet pemilik konten  namun juga bekerja sama dengan beberapa Komunitas sebagai sumbernya. Kerja sama yang dijalin oleh  beberapa komunitas adalah untuk memberikan berita-berita kepada para pembaca setia Kurio dengan artikel-artikel yang berbeda dan menarik.

Kurio ingin mendukung komunitas yang ingin berbagi informasi dan pengetahuan. Adapun komunitas yang sudah bekerja sama dengan Kurio adalah Greenpeace, Gerak Cepat, dan Social Media Strategist Club (SMSC).

“Melalui kerja sama dengan komunitas-komunitas Kurio ingin memberikan suatu informasi yang berbeda tidak hanya berita sehari-hari, namun juga artikel-artikel tambahan dan perkembangan mengenai suatu topik yang sedang dibahas oleh komunitas-komunitas tersebut,” terang David.

Smart news app ini, selain memberikan informasi-informasi seputar perkembangan isu dari komunitas tersebut, tetapi juga menjadi wadah bagi  komunitas untuk menyebarkan isu mereka secara lebih luas lagi kepada seluruh pembaca. Menjangkau lebih banyak khalayak.

Keuntungan yang didapat oleh komunitas yang bekerja sama dengan Kurio adalah dapat memanfaatkan platform Kurio untuk berbagi informasi dan pengetahuan. Kurio juga membantu komunitas-komunitas tersebut dalam mempromosikan event mereka.

Rencana tahun 2015
Menyambut tahun 2015 Kurio berencana untuk lebih agresif dalam kampanye pemasaran. Hal ini ditujukan untuk lebih meningkatkan awareness, dan menjaring lebih banyak pengguna. Cara yang ditempuh tidak hanya melalui sisi pemasaran, tetapi akan membuka kerja sama yang seluas-luasnya dengan komunitas.

“Kami telah menandatangi beberapa kerja sama dengan komunitas dan organisasi untuk memdistribusikan konten mereka di paltform Kurio. Kurio akan membantu komunitas untuk edukasi dan peningkatan kesadaran akan isu serta pergerakan perjuangan mereka,” ujar David.

Target Kurio tahun depan adalah menembus satu juta download, dan  500 ribu pengguna aktif. David mengatakan, “Tahun depan kami juga akan mulai menggalang dana putaran series B untuk menggenjot pertumbuhan.”

David menambahkan untuk meraih semua itu masih akan terus menambah awak Kurio terutama engineering dan design team. Saat ini sudah ada 25 karyawan, yang setengahnya engineer. David juga menegaskan akan terus setia dan berpegang teguh kepada DNA dari Kurio, yakni  teknologi yang bagus digabungkan dengan desain yang apik. Semua itu ditempuh untuk terus berupaya mengubah kebiasaan orang membaca konten melalui smartphone dan tablet.

[Ilustrasi: Shutterstock]

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter