Bukan Kyocera namanya kalau tidak menelurkan gadget unik macam smartphone yang bisa dicuci. Kali ini perusahaan asal Jepang tersebut memamerkan prototipe earphone yang dapat memonitor tekanan darah penggunanya.

Kuncinya terletak pada sebuah sensor optik berukuran mini yang sanggup mengukur aliran darah di balik kulit, tepatnya di jaringan hipodermis menggunakan metode Laser Doppler velocimetry. Data yang dikumpulkan kemudian akan dianalisa hingga akhirnya perangkat bisa memonitor tekanan darah, gejala sengatan panas (heat stroke) atau tingkat dehidrasi.

Teknologi semacam ini memang bukanlah hal baru, tapi proses miniaturisasi yang diterapkan Kyocera-lah yang patut mendapat acungan jempol. Begitu mungilnya sensor ini dengan dimensi 3,2 x 1,6 x 0,9 mm, Kyocera dapat menanamkannya ke dalam earphone tanpa kesulitan dan tanpa mengurangi sensitivitasnya, sehingga pada akhirnya perangkat lebih terkesan seperti gadget untuk konsumen (fitness tracker) ketimbang peralatan medis.

Komersialisasi sensor ini rencananya bakal dilangsungkan pada tahun 2018 atau 2019. Selagi menunggu Kyocera juga akan memanfaatkan waktunya untuk melakukan riset lebih lanjut terkait kegunaan sensornya dalam memonitor pola tidur secara akurat maupun efektivitas pijatan pada tubuh.

Sumber: Wareable dan Nikkei.