Facebook Resmikan “Ruang Kumpul” Komunitas Startup dan Developer di Jakarta

Facebook Resmikan “Ruang Kumpul” Komunitas Startup dan Developer di Jakarta

Merupakan bagian dari program ekosistem hub dari Facebook untuk Indonesia
Acara peresmian ruang kumpul dari Facebook, Lab Innovation Indonesia / DailySocial
Acara peresmian ruang kumpul dari Facebook, Lab Innovation Indonesia / DailySocial

Facebook meresmikan fasilitas ruang kumpul komunitas, dinamai “Lab Innovation Indonesia” (Linov). Lokasinya terletak di CoHive Plaza Asia, Senayan, Jakarta.

Ini adalah ruang kumpul komunitas kedua yang diresmikan Facebook, setelah Ruang Komunal (RuKi) pada Mei tahun lalu. Perbedaan antara keduanya, RuKi lebih diarahkan buat komunitas sosial. Sementara Linov khusus untuk komunitas industri teknologi, seperti pelaku startup, developer, dan inovator.

Baik Linov dan RuKi adalah bagian dari program ekosistem hub dari Facebook untuk komunitas dapat tumbuh di ranah online dan offline. Indonesia jadi satu-satunya negara yang memiliki fasilitas ruang kumpul Facebook.

Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia Ruben Hattari menjelaskan, dua ruang kumpul ini adalah bentuk komitmen perusahaan untuk memberikan nilai lebih kepada semua penggunanya, tidak lagi sekadar mendorong pakai platform-nya saja. Terlebih, Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah pengguna Facebook terbesar di dunia.

“Di Facebook, kami melihat semakin banyak komunitas berkumpul untuk mendiskusikan berbagai macam topik sehingga kami mulai berpikir tentang apa yang dapat kami lakukan untuk dukung mereka secara offline,” katanya, Senin (24/6).

Linov dan RuKi dapat dimanfaatkan untuk berkumpul secara gratis tanpa dipungut biaya sama sekali oleh Facebook. Apabila komunitas ingin menggunakan ruang kumpul Facebook, akan disediakan alat pendukung untuk presentasi, serta dapur mini yang berisi makanan dan minuman ringan.

Komunitas hanya perlu mendaftar diri lewat situs Lab Innovation dan mengisi beberapa data yang dibutuhkan Facebook.

Ruben menyebut, Facebook juga mengadakan pertemuan rutin, pelatihan, serta lokakarya yang diadakan oleh anggota Developer Circles dan FbStart. Facebook juga bekerja sama dengan Hacktiv8 untuk mengadakan program “Developer Circles Javascript Training Course and Bootcamp.”

“Di dalam Lab Innovation, pelaku startup, developer, dan inovator dapat saling berkolaborasi, belajar, dan bertukar ide untuk bantu mereka dalam mengembangkan keahlian dan jaringannya.”

Sejak setahun RuKi diresmikan, sambungnya, pihaknya telah memfasilitasi lebih dari 4 ribu orang yang datang dari 860 komunitas di wilayah Jabodetabek.

Total program yang telah dijalankan sekitar 212 program, baik diselenggarakan langsung oleh Facebook maupun komunitas sendiri. Beberapa topik yang diangkat mengenai toleransi, difabel, kesehatan mental, dan pemberdayaan perempuan.

Ruben menuturkan, ke depannya Facebook akan membawa baik RuKi maupun Linov ke luar Jakarta, agar semakin banyak komunitas bisa berkumpul secara offline. Yang terdekat, rencananya bakal disiapkan RuKi yang berbentuk pop up di kota-kota besar.

“Banyak feedback yang masuk ke kami untuk mengadakan RuKi di luar Jakarta, karena memang isu di sini tidak bisa dipukul rata juga terjadi di luar sana. Kami masih cari kota yang akan disasar serta topik yang mau diangkat, apa yang sedang hot di sana,” pungkasnya.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…