1. Startup

Lagi, Aplikasi Asal Indonesia Dibajak Oknum Pengembang Asing

Mei lalu, kejadian kurang mengenakkan dialami oleh game buatan Toge Productions, Infectonator 2. Game yang aslinya berbasis flash tersebut diporting tanpa izin oleh seorang oknum pengembang Android. Hasilnya, sebuah game berkualitas rendah bajakan dari Infectonator 2 hadir di Google Play. Kini, kejadian yang sama juga dialami oleh game Chase Burger.GameChase Burger aslinya merupakan sebuah game yang berbasis pada platform Nokia S40 dan Nokia S60. Game yang dikembangkan oleh Elventales, pengembang asal Surabaya itu merupakan game yang meraih penghargaan untuk kategori unduhan terbanyak dalam gelaran Mobile Game Developer War 3.

Kini versi lain dari game tersebut ditemukan di iTunes. Sebuah game bernama Hungry Chase dengan screenshot yang mirip dengan game Chase Burger bisa diunduh secara gratis untuk pengguna platform iOS. Game tersebut dibuat oleh sebuah akun bernama Zhang Huimei. Selain mirip sekali, masih ada tulisan Elventales dalam screenshot aplikasi tersebut di iTunes.

Akun Zhang Huimei sendiri tercatat memiliki beberapa aplikasi terdaftar di iTunes. Selain Hungry Chase juga ada gameAngry Car, Pig Run Run, dan game Run Bear Run. Belum diketahui apakah game-game tersebut juga merupakan porting tanpa izin dari game oleh pengembang lain atau memang karya asli Zhang Huimei.

Selain tersedia untuk platform Nokia, game ini juga telah dibuat oleh Elventales dalam sebuah game flash yang dapat dimainkan dari situs Elventales. Mengingat kejadian yang menimpa Infectonator 2, sepertinya dari sinilah asal source game yang kemudian di-porting oleh sang oknum pengembang menjadi game berbasis iOS.

Informasi tentang kejadian ini pertama kali diketahui dari twit Narenda Wicaksono. Beberapa penggemar Elventales sendiri telah melaporkan kejadian ini kepada Elventales melalui akun Facebook Elventales. Mahdi Bashroni, CEO Elventales, dalam wawancara melalui email mengatakan bahwa pihaknya akan segera melaporkan kejadian ini kepada Apple agar game tersebut segera ditarik dari iTunes. Biasanya jika buktinya cukup, proses penarikan ini tidak akan berlangsung lama.

Kejadian ini sendiri merupakan sebuah “kecolongan” bagi Apple mengingat proses ketat yang mereka terapkan untuk semua aplikasi yang di-submit ke iTunes. Tetapi tentu saja, kesalahan terbesar dalam kejadian ini ada pada oknum pembajak yang melanggar hak cipta dari game Chase Burger.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again