1. Lifestyle

Lagi-lagi Sony PlayStation 4 Memecahkan Rekor Penjualan Baru

Tidak ada kata berhenti bagi Sony PlayStation 4. Seperti sebilah pisau panas yang memotong mentega dengan mudahnya, gaming console baru kreasi Sony ini tetap gencar menembus pasar. Lima bulan setelah peluncurannya, PlayStation 4 kembali mencetak rekor penjualan - baik hardware maupun video game.

Berdasarkan laporan yang dirilis Destructoid, terhitung lebih dari tujuh juta unit PlayStation 4 berpindah tangan dari retailer ke khalayak umum. Untuk penjualan software sendiri, angkanya melebihi 20,5 juta kopi. Menurut beberapa ahli, permainan eksklusif PlayStation 4 berjudul inFamous: Second Son turut mengambil andil di dalamnya.

Dirilis di akhir minggu ketiga bulan April, dalam sembilan hari perilisannya, Second Son telah terjual lebih dari satu juta kopi. Dengan begitu, Second Son ialah permainan dengan penjualan terlaris dalam franchise inFamous. Ditambah lagi rumor tentang versi next-gen The Last of Us, serta resepsi media yang positif terhadap game MMO Final Fantasy XIV Online: A Realm Reborn.

 

Info menarik: Smartfren Luncurkan Andromax C2, Andromax G2, Andromax i3 dan i3S serta Dua Perangkat Terbaru Lain

 

Seiringan dengan hal tersebut, Sony memberi kabar tentang update firmware terbaru versi 1.70. Di dalamnya terdapat sebuah fitur yang disebut SHAREfactory. Ini adalah sebuah aplikasi video editing untuk PlayStation 4 yang memudahkan penggunanya untuk mengkustomisasi serta menyunting video permainan.

Navigasinya mengoptimalkan sistem kontrol DualShock, Anda bisa menambahkan musik di dalamnya, kemudian terdapat fitur share bagi Anda yang gemar pamer.

Video yang telah di-edit dengan SHAREfactory bukan hanya bisa langsung diunggah ke Facebook, tapi juga bisa Anda simpan ke perangkat storage eksternal via USB. Scott McCarthy dari Sony menjelaskan, "Upgrade lain dalam PS4 SHARE adalah kemampuan untuk mengubah waktu perekaman menjadi lebih singkat, dan kemampuan untuk memilah-milih siapa saja yang bisa melihat video buatan Anda dari layar SHARE."

Update 1.70 juga memungkinkan Anda untuk menonaktifkan HDCP, sehingga Anda bisa merekam video langsung dari output HDMI. Dengan begitu Anda bisa membuat video berdurasi lebih lama.

 

Info menarik: Asus ZenFone Mendarat di Asia Tenggara, Peluncuran Dilakukan di Jakarta (+ Foto)

 

Satu lagi tambahan unik dalam firmware PlayStation 4. Ingatkah Anda akan fitur pre-load di Steam, saat Anda sudah mengkonfirmasi pembelian game, Anda sudah diperbolehkan mengunduh file-nya sehingga bisa langsung bermain saat tanggal rilis? Metode yang sama diterapkan Sony pada console mereka dengan update 1.70.

Nanti pemain dapat melakukan pre-load pada tiap-tiap game yang sudah mereka pre-order: Anda tidak perlu berebut 'bandwith' saat mereka muncul di PlayStation Store pada hari H-nya, dan bisa langsung bermain dihari game tersebut drilis.

Belum ada tanggal pasti soal kapan update ini akan dipublikasikan, namun kita boleh berasumsi bahwa Sony akan melakukannya dalam waktu dekat.

Sumber lain: IGN.com. Gambar header: PlayStation.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again