Categories

Gadget

Lain dari yang Lain, Smartphone Fleksibel Buatan TCL Bisa Berubah Menjadi Smartwatch?

Sayang rumor ini baru diperkuat oleh foto yang tidak mengungkapkan nama ataupun spesifikasi

Bambang Winarso - 18 February 2019

2019 bisa jadi akan menjadi tahunnya smartphone yang bisa dilipat bak dompet. Konsep aslinya diadopsi oleh ponsel lipat clamshell kuno namun ditingkatkan dengan desain lebih modern dan fungsionalitas penuh yang kaya.

Tapi pengembangannya ternyata tak sebatas itu, karena TCL punya sesuatu yang baru. Pabrikan asal Tiongkok yang juga membantu perakitan smartphone BlackBerry itu dilaporkan sedang mengembangkan smartphone yang bisa ditekuk atau dilipat bak dompet tapi fungsionalitasnya tidak lagi sebatas dari smartphone ke tablet atau sebaliknya, melainkan bertransformasi menjadi smarwatch yang bisa dilekatkan ke pergelangan tangan.

Dalam bocoran yang beredar di dunia maya tampak ada lima set gambar yang memperlihatkan sudut tekukan smartphone buatan TCL tersebut. Empat dari lima foto pertama tak terlihat asing karena sudah pernah terlihat di beberapa bocoran maupun prototype buatan Samsung dan Xiaomi. Tapi foto kelima tampak benar-benar baru untuk publik, termasuk saya. Smartphone tampak bisa ditekuk secara melingkar seolah terbuat dari karet, memperlihatkan kemungkinan untuk disematkan sebagai jam tangan.

Sayangnya tak ada informasi lebih jauh terkait perangkat yang tampak dalam foto di atas. Tidak soal spesifikasi ataupun soal nama, termasuk dalam foto lain yang tampak seperti potongan dari dokumen paten awal. Dengan ajang MWC sudah di depan mata, banyak orang berharap TCL akan hadir dan bersedia membagikan detail lebih jauh terkait perangkat keren ini.

Anggaplah TCL memang ada di belakang racikan ponsel tekuk ini, maka perlombaan teknologi di sektor ini akan semakin menarik. Dari Tiongkok saja hampir semua pabrikan ternama menyatakan kesiapannya untuk ambil bagian di lintasan balap. Nubia termasuk yang paling cepat berdiri di posisi start setelah merilis teaser perangkat fleksibel hybrid miliknya untuk ajang MWC tahun ini.

Sementara dari Korea, Samsung dan LG tak mau kalah. Nama terakhir bahkan sudah injak gas meski teknologi layar fleksibelnya lebih dulu mendarat di sektor televisi. Nama Samsung yang lebih sering disorot juga siap dengan Galaxy X miliknya meski prototipe awal tampak terlihat masih membutuhkan banyak pengembangan.

Dengan kata lain, semua pabrikan yang pernah dan masih menggeluti sektor perangkat mobile tertarik dan berkeinginan menjawab ekspektasi publik akan perangkat yang inovatif dan berbeda. Sekarang tinggal siapa yang mampu melakukannya lebih cepat dari yang lain.

Sumber berita Cnet via Theverge.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter