19 March 2015

by Bambang Winarso

Lama Dinanti, Aplikasi Slack untuk Windows Akhirnya Lahir (Update)

Pengguna Slack di seluruh dunia hari ini bersuka cita, dikarenakan sang pengembang akhirnya resmi menghadirkan aplikasi terpisah untuk platform Windows. Artinya, sekarang bagi Anda pengguna Windows tidak perlu harus menggunakan peramban untuk berinteraksi dengan tim Anda atau merasa iri dengan OS X yang dianak emaskan.

Pertanyaannya, adakah perbedaan fitur antara aplikasi Windows dan peramban? Jawabannya tidak! Slack memastikan bahwa semua fitur yang ada di versi peramban sudah ditanamkan ke versi Windows, tidak ada satupun yang tertinggal. Justru ditambah.

Info Menarik:Sirius, Asisten Virtual Open-Source yang Bisa Dikustomisasi

Apa saja penambahannya? Yang paling ketara adanya fitur dukungan untuk multiple tim sehingga bagi pengguna yang ingin terus terhubung dengan semua anggota tim yang berbeda dapat menggunakan fitur yang namanya Team Switcher. Jika dengan peramban harus membuka tab baru, di platform Windows semua dapat dipantau dari satu jendela.

Team Switcher ini diletakkan di panel paling kiri, sehingga pindah dari satu tim ke tim lain semudah mengakses channel. Slack juga menambahkan ikon notifikasi angka untuk setiap pesan baru yang ditinggalkan oleh anggota masing-masing tim. Dengan demikian, Anda tidak akan ketinggalan satupun perkembangan terbaru.

Info Menarik:Escape From Begal, Game Menghindari Begal Motor di Jalanan

Slack juga mempertahankan notifikasi melalui taskbar yang ditampilkan berdasarkan desain tema tim. Dan juga kemampuan untuk tersembunyi jika tidak digunakan, namun tetap berjalan dan aktif saat ada notifikasi baru atau dipicu secara manual melalui taskbar. Notifikasi secara berkala akan diberikan oleh Slack, dan pastinya fitur otomatis login setiap kali komputer dinyalakan.

Tak sabar ingin segera mencoba? Langsung unduh aplikasinya di tautan ini. Hanya 53MB. Aplikasi Slack sempat juga tersedia versi beta untuk pengguna Windows.

Namun ketka mencoba, meski awalnya berhasil di-instal aplikasi Slack tidak ditemukan di directory sistem dan tidak juga menambahkan ikon shortcut di desktop. Anehnya, saat dilakukan percobaan kedua kali, aplikasi justru gagal dipasang.

Update: Koreksi perbaikan keterangan bahwa versi yang disebutkan di artikel ini bukan versi beta, melainkan sudah versi pengembangan lanjutan atau tepatnya versi 0.9.0 tertanggal 5 Maret 2015. Release note dapat dipantau di tautan ini.

Sumber berita TheNextWeb dan SlackHQ.