Categories

Internet

Lama Dinanti, Firefox 64-bit untuk Windows Akhirnya Dirilis

Firefox 64-bit menawarkan peningkatan performa, kecepatan dan keamanan

Bambang Winarso - 16 December 2015

Setelah melewati masa penggemblengan yang sangat panjang, Mozilla akhirnya resmi meluncurkan Firefox versi 64-bit untuk pengguna Windows. Versi stabil yang menjanjikan banyak peningkatan terutama dalam hal keamanan dan kecepatan. Di waktu yang bersamaan, Mozilla juga menghadirkan update Firefox 43 untuk platform Mac, Linux dan Android.

Firefox versi 64-bit ini dirancang untuk bekerja dengan baik di perangkat berbasis Windows 7 dan versi yang lebih baru, termasuk Windows 10 tentunya. Artinya mayoritas pengguna Windows seharusnya bisa dengan mudah menjalankannnya di perangkat masing-masing. Kecuali bagi pengguna XP atau OS yang lebih lawas.

Bagi pengguna Windows, kedatangan versi 64-bit ini mengakhiri penantian panjang mereka setelah pengembangannya sempat mandek di 2012 dan baru dilanjutkan di tahun 2014. Sementara Mac dan Linux bernasib lebih beruntung karena sudah bisa merasakan versi tersebut sejak sekitar satu tahun lalu.

Firefox 64-bit menawarkan peningkatan performa, kecepatan, keamanan dan kemampuan mengakses teknologi yang secara eksklusif tersedia untuk OS versi ini. Keunggulan yang paling menonjol dari versi ini adalah kemampuannya untuk melahap memori lebih besar ketimbang versi 32-bit yang dibatasi sampai dengan 4GB saja. Walhasil pengguna dapat mengakses ratusan tabs dengan daya tampung beban yang lebih besar, menjalankan aplikasi web dan juga game tanpa kesulitan berarti. Salah satu kekurangannya adalah ketiadaan dukungan plugin, namun Mozilla berjanji menjadikan hal ini sebagai prioritas di update berikutnya.

Sebagai tambahannya, Mozilla juga melepas Firefox 43 yang dipersenjatai privatebrowsing dengan Tracking Protection guna keamanan optimal, memblokir iklan, pelacak dan analitik sebagaimana yang ditawarkan oleh Focus by Firefox.

Berikut adalah beberapa hal baru yang dihadirkan oleh Firefox 43

  • New: Private Browsing dengan Tracking Protection
  • Peningkatan dukungan API untuk video M4V
  • Opsi saran pencarian di Awesome Bar
  • Dukungan on-screen keyboard di perangkat berbasis layar sentuh
  • Peningkatan Health Report

Firefox 64-bit dan versi 43 kini sudah bisa diunduh dari situs resmi Mozilla atau bagi pengguna aktif peramban seharusnya sudah mendapatkan notifikasi update di komputer Anda masing-masing.

Sumber berita Venturebeat dan gambar header Shutterstock.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id