Categories

Gadget

Lama Tidak Mendapat Penyegaran, iMac Pro Di-discontinue

Segmentasinya kini jadi lebih sederhana dengan hanya iMac dan Mac Pro saja

Glenn Kaonang - 9 March 2021

Lini komputer desktop Apple saat ini terdiri dari iMac, iMac Pro, dan Mac Pro. Namun dalam waktu dekat, salah satunya bakal hilang dari peradaban, yaitu iMac Pro. Kalau Anda membuka laman iMac Pro di online store Apple sekarang, Anda bisa melihat label bertuliskan "while supplies last" yang mengindikasikan bahwa lini produk tersebut tidak akan dilanjutkan.

Pada kenyataannya, Apple sendiri telah mengonfirmasi kepada MacRumors bahwa lini iMac Pro bakal di-discontinue ketika stoknya sudah habis. Menurut Apple, sebagian besar konsumen lebih memilih iMac 27 inci versi terbaru yang diluncurkan pada bulan Agustus 2020, dan konsumen yang mendambakan performa lebih perkasa lagi bisa melirik Mac Pro.

Sekadar mengingatkan, iMac 27 inci versi terbaru hadir membawa layar 5K dengan dukungan teknologi True Tone dan opsi finishing kaca yang matte. Pada varian termahalnya, perangkat ditenagai oleh prosesor 10-core Intel Core i9 generasi kesepuluh, GPU Radeon Pro 5700 XT, RAM 128 GB, dan SSD 8 TB. iMac Pro di sisi lain tidak pernah menerima penyegaran yang berarti semenjak pertama kali diperkenalkan di tahun 2017.

Menurut saya, sejak Apple memperkenalkan Mac Pro generasi ketiga di akhir 2019, iMac Pro pun jadi terkesan tanggung. Dari segi spesifikasi, konfigurasi termahal iMac Pro jelas tidak mungkin bisa mengalahkan Mac Pro, belum lagi soal faktor expandibility-nya. Sekarang, versi terbaru iMac 27 inci malah bisa dikonfigurasikan dengan spesifikasi yang hampir menyamai iMac Pro.

Belum lama ini, Apple juga dikabarkan sedang menyiapkan generasi baru iMac yang ditenagai oleh prosesor bikinannya sendiri, bukan lagi prosesor Intel. Generasi baru ini kabarnya juga bakal mengusung desain yang lebih modern, dengan bezel layar yang lebih tipis dan bagian belakang yang datar seperti bentuk monitor Apple Pro Display XDR.

Sumber: MacRumors.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter