3 November 2016

by Glenn Kaonang

Lambaikan Tangan ke Arah Bixi, Maka Anda Bisa Mengontrol Berbagai Macam Perangkat Pintar

Mulai dari smartphone, tablet, speaker Bluetooth, GoPro sampai perangkat smart home bisa dikendalikan tanpa menyentuh perangkat sama sekali

Sebesar dan seresponsif apapun layar sentuh yang dipunyai smartphone atau tablet, semua itu percuma seandainya jari Anda sedang tidak memungkinkan untuk menyentuhnya – entah karena sedang berlumuran tepung atau sedang menggenggam setang sepeda. Saat berada di posisi ini, mungkin Anda berharap andai saja scrolling pada layar bisa dilakukan dengan melambaikan tangan.

Kalau itu masalahnya, perangkat bernama Bixi ini bisa menjadi solusi. Fungsi utamanya tidak lain dari mengontrol perangkat smart home dan aplikasi milik smartphone atau tablet. Dan semua itu bisa dilakukan tanpa menyentuh perangkat sama sekali, alias menggunakan gerakan tangan.

Bixi bisa ditempatkan di berbagai permukaan: di atas meja, di dashboard mobil, di setang sepeda, dan masih banyak lagi. Total ada 8 macam gesture yang bisa ia kenali, akan tetapi jumlahnya bisa diperbanyak selagi pengguna menetapkan gesture untuk tiap-tiap perangkat dan aplikasi.

Bixi lebih praktis daripada perintah suara karena tidak terbatas masalah bahasa dan tidak memerlukan koneksi internet / Blue Mint Labs

Contoh penggunaannya yang paling gampang adalah untuk mengontrol speaker macam Bose SoundTouch ketika Anda sedang berlatih vokal di kamar mandi untuk audisi The Voice; lambaikan tangan ke kanan untuk lompat ke lagu selanjutnya, atau perlahan gerakkan tangan ke atas untuk memperbesar volumenya.

Di ruangan lain, semisal di kamar, Bixi bisa Anda tempatkan di meja sebelah ranjang. Pada keesokan harinya, Anda tinggal melambaikan tangan di atasnya untuk mematikan alarm ponsel. Lalu dengan satu tap dan dilanjutkan oleh lambaian tangan lain, gorden pintar yang terpasang di jendela akan terbuka.

Sejatinya ada banyak sekali yang bisa dilakukan dengan Bixi, termasuk mengendalikan kamera GoPro saat sedang bersepeda. Pengembangnya, Blue Mint Labs, mengklaim Bixi lebih praktis ketimbang perangkat seperti Amazon Echo dan Google Home yang mengandalkan perintah suara, sebab di sini tidak ada keterbatasan bahasa, dan pengguna juga tidak memerlukan koneksi internet.

Untuk mendapatkan Bixi, Anda harus menjadi backer di kampanye Kickstarter-nya. Selama masa early bird, ia ditawarkan seharga $79 saja.