Categories

Otomotif

Land Rover Jejalkan Segala Macam Teknologi Canggih ke Dalam Varian Defender Baru

Jantung dari kapabilitas 'pintar' di Land Rover Defender 90 dan 110 terletak pada teknologi Electronic Vehicle Architecture generasi kedua.

Yoga Wisesa - 12 September 2019

Teknologi driverless mungkin dianggap sebagai perwujudan ideal alat transportasi masa depan. Tapi konsep pintar di ranah otomotif sebetulnya menjelma menjadi berbagai hal, dan Jaguar Land Rover ialah salah satu brand yang paling gemar bereksperiman. Mereka mengembangkan drone pendamping kendaraan, sistem kemudi otomatis khusus off-road, hingga mengusahakan agar pintu mobil bisa buka-tutup sendiri.

Perusahaan asal Inggris itu juga sudah menyiapkan sesuatu untuk memeriahkan pasar otomotif di tahun depan. Para teknisi Land Rover saat ini sedang mendesain ulang varian Defender dan mencoba menyematkan berbagai teknologi anyar di sana, terutama pada seri Defender 90 dan 110. Land Rover Jaguar mengklaim bahwa teknologi-teknologi mutakhir tersebut dihadirkan demi membuat pengendara tetap terkoneksi, terhibur dan tidak ketinggalan berita.

Jantung dari kapabilitas ‘pintar’ di Land Rover Defender 90 dan 110 terletak pada teknologi Electronic Vehicle Architecture versi kedua – disingkat EVA 2.0. Ia bertanggung jawab untuk mengatur segala hal yang berkaitan dengan fungsi kelistrikan di kendaraan, dan semuanya dapat diakses dan didiagnosis lewat panel sentuh di depan (tetap tersedia bahkan buat varian entry-level sekalipun).

Kehadiran teknologi canggih tentu saja tidak akan lengkap tanpa dukungan software. Dan Land Rover Jaguar berkomitmen untuk memastikan sisi piranti lunak kendaraan tetap up-to-date lewat metode distribusi pembaruan Software-Over-The-Air. SOTA merupakan elemen esensial dalam penyajian sistem infotainment Pivi Pro. Sistem ini sengaja dirancang dengan antarmuka mirip smartphone yang dimaksudkan agar lebih intuitif.

Di sana, Anda bisa segera mengakses informasi yang diinginkan seperti kondisi lalu lintas, bantuan navigasi, perkiraan waktu tiba, menampilkan harga bensin dan ketersediaan slot parkir, serta menggunakan fitur-fitur lainnya. Di panel sentuh itu Anda dapat menggunakan gesture seperti pinch untuk zoom-in atau -out, atau mengaktifkan sistem panduan suara jika berada di daerah yang kurang familier.

Land Rover Defender 2020 juga dibekali teknologi Bluetooth terbaru yang memungkinkan kita menyambungkan dua smartphone sekaligus. Dan sembari berendara, baterai perangkat bergerak bisa Anda isi ulang dengan menaruhnya di pad wireless charging. Lalu di sisi hiburan, tersedia On Line Package yang menawarkan streaming musik tanpa batas, ditopang oleh sistem audio enam speaker (dapat di-upgrade menjadi 10 atau 14 plus sub-woofer).

Berbekal machine learning, pengemudi dipersilakan buat memanfaatkan sistem panduan cerdas untuk memperoleh rute terbaik atau yang paling familier. Lalu jika pandangan ke spion terhalang benda atau penumpang, tampilannya bisa diubah ke kamera belakang. Terdapat pula kamera di sisi bawah yang memperkankan Anda melihat kondisi jalan atau genangan air.

Land Rover Defender edisi 2020 rencananya akan dipasarkan beberapa bulan lagi, dibanderol seharga mulai dari US$ 50 ribu (buat versi empat silindernya).

Via DigitalTrends.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter