Categories

Berita

Berkaraoke Ria Dengan Aplikasi Langit Musik Karaoke Dari MelOn

Adjie Priambada - 25 November 2014

shutterstock_175072325

Setelah hadir dengan aplikasi Langit Musik yang merupakan aplikasi streaming musik, kini Melon memperkenalkan versi Karaoke dari Langit Musik. Langit Musik Karaoke adalah aplikasi yang memiliki fitur karaoke untuk perangkat mobile dengan menampilkan video dan liriknya dari sebuah lagu disertai minus one vocal (tanpa vokal) dari lagu tersebut agar pengguna dapat berkaraoke ria hanya melalui perangkat mobile mereka. Aplikasi ini sudah dapat diunduh secara gratis pada perangkat Android dengan sistem operasi 2.3 ke atas di Google Play dan hanya bisa digunakan oleh pelanggan Telkomsel.

Aplikasi ini adalah hasil dari kerja sama antara Virtus System sebagai pihak pengembang, Telkomsel sebagai penyedia layanan data, MelOn sebagai penyedia konten musik, dan Asirindo sebagai pemilik konten. Virtus System sendiri sebelumnya sudah pernah merilis sebuah permainan yang berkaitan dengan lagu yaitu Museekr. Dalam Museekr, pengguna dapat memainkan kuis tebak lagu antar sesama pengguna yang terdaftar batau mendaftar lewat akun Facebook secara real-time dengan mengandalkan koneksi internet.

Tampilan dan konsep dari aplikasi Langit Musik Karaoke ini sederhana, pengguna akan diminta mendaftar terlebih dahulu melalui aplikasi kemudian baru bisa mulai bernyanyi. Saat pertama kali dijalankan, terdapat menu berbentuk lingkaran di halaman awal berisikan Profil, Peringkat, Riwayat serta tombol Mulai dengan gambar microphone yang berada di tengah  dan tampilan poin total serta rata-rata poin yang dimiliki di bawah halaman. Pengguna aplikasi dapat mulai berkaraoke dengan melakukan pembayaran sebesar Rp 1.100. Kemudian skor akan ditampilkan seperti saat kita berkaraoke di dalam Karaoke Box. Perbedaannya dalam aplikasi ini skor yang ditampilkan adalah kalori yang terbakar saat bernyanyi.

unnamed1    unnamed2

Alex dari Virtus System sebagai pihak pengembang LM Karaoke, mengatakan kepada DailySocial, “Di app ini kita mencoba menampilkan sebuah hal berbeda yaitu dengan menampilkan hasil pembakaran kalori dari kegiatan bernyanyi yang sudah dilakukan oleh si user, angka ini kita didapatkan dengan mengukur berdasarkan decibel dari user pada saat bernyanyi.”

Setelah memilih menu Mulai maka pengguna dapat melihat daftar lagu populer dari aplikasi. Jika dalam daftar tersebut tidak ada lagu yang disukai, maka pengguna dapat memanfaatkan fitur pencarian di pojok kanan atas untuk mencari lagu yang ingin dinyanyikan. Selain itu terdapat fitur Preview agar pengguna dapat melihat potongan video dari lagu yang ingin dinyanyikan terlebih dahulu.

unnamed       unnamed3

Satu hal yang menjadi perhatian saya yaitu pada saat mencoba mendaftar di awal aplikasi dengan menggunakan koneksi Wi-Fi. Pada awal aplikasi berjalan terdapat form isi nomor telepon dan password untuk mendaftar, namun setelah mengikuti prosedur dan mendapat sms konfirmasi saya tidak dapat masuk ke aplikasi. Setelah saya perhatikan kembali, ternyata dalam sms konfirmasi yang dikirim ke smartphone saya berisi password yang berbeda dengan password yang saya ketik pada saat mendaftar. Saya tidak tahu ini bug atau bukan tetapi jika memang hanya ingin mendaftarkan melalui nomor saja buat apa ada form password jika kita tidak dapat memilih bebas password kita sendiri?

Alex mengungkapkan untuk basisdata lagu LM Karaoke kemungkinan akan berbeda dengan aplikasi Langit Musik karena tidak semua lagu yang di-streaming di sana dibuatkan video karaokenya dan tidak semua lagu diberikan hak pakainya untuk karaoke komersial. Untuk model penjualan, model paket untuk sekali bernyanyi dengan banyak lagu masih mungkin bisa dikembangkan.

Pasar karaoke berbasis online dan mobile bisa dibilang cukup baru di Indonesia dan semua pemain masih meraba-meraba tentang model bisnis di segmen ini.

“Model ini bisa saja dikembangkan di kemudian hari, karena ini aplikasi pertama (rasanya) di Indonesia yang memberikan layanan karaoke berbayar melalui smartphones kita belum memiliki satu standard harga yang bisa menjadi acuan dalam menentukan harga untuk menjalankan app ini,” tambah Alex.

[Ilustrasi: Shutterstock]

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id