Categories

Berita

Langkah Foursquare Diluar Aktivitas Check-in

Wiku Baskoro - 24 September 2010

Kalau berbicara tentang Foursquare maka bisa jadi tidak lepas dari fitur check-in serta badge, untuk beberapa pengguna kebanyakan juga masih menggunakan Foursquare untuk berburu badge dengan melakukan check-in, dan ini menjadi salah satu fokus utama dalam pengembangan Foursquare untuk menyediakan layanan tambahan dari aktivitas check-in.

Salah satu usaha Foursquare untuk melebarkan layanan mereka dari aktivitas check-in adalah dengan peluncuran Foursquare 2.0 beberapa waktu lalu serta penambahan fitur tombol “Add To My Foursquare” yang bisa diadaptasi oleh para pemilik situs yang kontennya berkaitan dengan lokasi.

Kini Foursquare kembali berusaha untuk memperluas layanan mereka dengan melakukan kerjasama dengan layanan Runkeeper dan menyediakan badge bagi pengguna tanpa harus melakukan check-in. Runkeeper merupakan aplikasi yang membantu para pengguna untuk melacak aktivitas fitnes Anda.

Nantinya pengguna yang menggunakan aplikasi Runkeeper dan telah mencapai target tertentu dari aktivitas olahraga mereka bisa mendapatkan badges eksklusif Runkeeper dari Foursquare. Seperti yang dituliskan pada blog resmi Foursquare, misalnya Anda membuat target tertentu untuk lari marathon, maka Anda bisa mendapatkan Marathon Badge, dan badge ini akan muncul di kedua aplikasi, yaitu profil Runkeeper serta di Foursquare.

Foursquare juga menjelaskan bahwa melibatkan aktivitas dunia nyata merupakan salah satu misi besar dibelakang layanan Foursquare, dan ini juga menjelaskan langkah mereka untuk terus menambahkan nilai pada layanan mereka diluar aktivitas check-in.

Kerjasama yang melibatkan kegiatan diluar check-inini merupakan yang pertama kali dilakukan bersama dengan partner Foursquare, dan akan terus berlanjut, Foursquare juga akan terus mengembangkan badge hasil kerjasama seperti ini dengan berbagai partner terpilih lain di kemudian hari dan akan terus mengembangkan pengalaman di dunia nyata pada layanan Foursquare.

Menjadi menarik untuk melihat terus apa yang dilakukan Foursquare, karena tingkat persaingan di layanan berbasis lokasi memang terus meningkat, karena masing-masing aplikasi terus menambahkan fitur atau bekerjasama dengan berbagai pihak, kini tinggal melihat, terutama untuk pengguna global, misalnya Indonesia, apakah fitur atau kerjasama tambahan ini akan juga diadopsi oleh pengguna lokal dan bisa menambah nilai pada layanan mereka selain aktivitas check-in.

Bagaimana pendapat Anda, apakah kerjasama seperti ini akan menambah nilai pada layanan Foursquare? Atau memang layanan Foursquare harus melulu tentang check-in dan tidak bisa lepas dari aktivitas tersebut? Pendapat Anda bisa dituliskan pada kolom komentar.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter